Berita Terkini: Mengapa Tawaran Damai Google Soal Pajak Ditolak oleh Indonesia ?

0
2549
Pajak Google
Copyright©kangjee

Berita Terkini: Mengapa Tawaran Damai Google Soal Pajak Ditolak oleh Indonesia ?

Indowarta.com– Mengenai penyelesaian utang pajan Google di Indonesia, pada akhir November 2016 yang lalu pihak Google hampir mencapai kesepakatan dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Namun pada saat ini sepertinya hal itu akan mengalami kebuntuan karena nilai dari tax settlement yang telah diajukan Google dinilai terlalu kecil.

kepala Kanwil Jakarta DJP Khusus, Muhammad Haniv mengatakan “Karena belum memperoleh kesepakatan, penyelidikan akan dilanjutkan. Sekarang kami meminta Google untuk membuka buku, lalu kantor pajak akan menghitung jumlah utang pajaknya”. Namun masih belum dijelaskan seberapa besar nilai dari tax settlement yang telah diajukan oleh Google.

Pada sebelumnya pihak dari pemerintah Indonesia melalui DJP telah memberikan tawaran tax settlement ataupun pengampunan pajak kepada Google. DJP telah memprediksikan bahwa raksasa internet itu telah memiliki utang pajak sebesar Rp 1 triliun yang maih  belum terbayar semenjak tahun 2011 yang lalu. hal itu masih belum ditambahkan dengan denda sebesar Rp 4 triliun. Jadi utang pajak Google kepada Indonesia sebesar Rp 5 triliun.

Pajak Google
Copyright©okezone

Jika Google menerima tax settlement dari pemerintah Indonesia, maka Google hanya perlu membayar sebesar utang pajak asli ditambah lagi dengan denda sebesar 150 persen. Apabila Google telah menolak tax Settlement yang diajuka oleh pemerintah, lalu dibawa ke pengadilan dan kalah, Google harus membayar denda yang hingga 400 persen tersebut.

Diperkirakan bahwa permasalahan utang pajak Google ke pemerintah Indonesia ini tidak akan rampung pada akhir tahun 2016 ini. Tentang perkembangan masalah utang pajak ini, pihak dari Google sendiri masih enggan untuk mengeluarkan komentarnya. Google hanya mengulangi pernyataan  bahwa pihaknya kini telah menjalankan kewajibannya sebagai perusahaan yang beroperai di Indonesia sesuai dengan porsinya.

Pada tahun 2015 saja nilai transaksi periklanan di Indonesia ini mencapai USD 850 juta atau kurang lebih setera dengan Rp 11,6 triliun. Sebanyak 70 persen angka tersebut telah dikuasai oleh Google dan juga Facebook.

baca juga :

Sambut Natal Tahun Ini, Google Kembali Buka Kampung Santa Claus !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here