Berita Terkini: Mengintip Kelanjutan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung !

0
2165
kereta-cepat-jakarta-bandung

Anggota DPD Menyarankan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Dihentikan !

indowarta.com– Proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung rupanya mengalami kemacetan. Ayi Hambali selaku Anggota Komite IV Dewan Perwakilan daerah (DPD) mengatakan agar proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung sebaiknya digentikan dahulu. Selanjutnya diadakan evaluasi secara menyeluruh dan konferhensif.

Dari informasi yang dihimpun, antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten belum selesai merevisi Perda RTRW. Hal ini berdasarkan rapat kerja BAP DPD yang berlangsung di Kecamatan Cikalong Wetan, Kab Bandung Barat. Revisi ini belum selesai karena ada revisi RTRW Nasional sebagai payung hukum.

Selain alasan tersebut masih terdapat banyak kekurangan terkait dampak lingkungan. Padahal hal ini sangat dikawatirkan jika terjadi di kemudian hari.

Dengan analisa bahwa di daerah Stasiun Walini rawan terjadi bencana. Di daerah ini pula merupakan pertemuan tiga patahan geologis. Sehingga ada baiknya jika proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung dihentikan. Melihat manfaat untuk masyarakat belum terlihat. Bahkan menimbulkan kemudaratan.

Kereta Cepat
[email protected]

Dikutip dari pernyataan Ali, sebelum menyelesaikan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung sebaiknya menyelesaikan sejumlah permasalah atau urusan yang ada. Hal ini untuk mengantisipasi adanya korban di kemudian hari. Jika permasalah yang ada selesai baru melanjutkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung. Sehingga tidak terkesan buru- buru.

Diketahui proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung digarap oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Yang mana nilai dari proyek ini sebesar 5,135 miliar dollar USD. Dalam nota kesepakatan ini, penyerahan aset kepada negara akan diberikan setelah 50 tahun pengoperasian. Dalam agendanya, Kereta Cepat Jakarta Bandung akan beriperasi sekitar tahun 2019 awal.

Sementara Kereta Cepat Jakarta Bandung membutuhkan rel dengan panjang 142,3 kilometer. Yang mana rencananya Kereta Cepat Jakarta Bandung akan melewati beberapa stasiun berikut ini, Halim, Karawang, Walini, dan Tehalluar.

Warga bisa menempuh Bandung Jakarta dalam waktu sekitar 3 jam dengan memakai bis atau kereta biasa.

baca juga :

Berita Hari Ini : Kereta Cepat Jakarta Bandung Alami Kendala Permasalahan, Jokowi Diminta Pecat Menteri Rini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here