Berita Terkini: Usai Cuti Kampanye, Ahok Akan diberhentikan Sementara?

0
2363
Ahok
Copyright©merdeka

Berita Terkini: Usai Cuti Kampanye, Ahok Akan diberhentikan Sementara?

Indowarta.com– Kementerian dalam Negeri akan memberhentikan sementara Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah dirinya menyelesaikan masa cuti kampanye. Hingga 12 Februari 2017 nanti, Ahok masih berada di dalam masa cuti kampanyenya dan berstatus Gubernur DKI Jakarta Nonaktif.  Pada hari Minggu 18 Desember 2016 Menteri Dalam Negeri yakni Tjahjo Kumolo mengatakan “Begitu cutinya habis, baru akan diberhentikan sesuai undang-undang”.

Pemberhentian sementara Ahok ini tidak terlepas dari status yang kini telah dia sandang yakni sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun kurungan. Kementerian sendiri juga telah mengirimkan surat permintaan penjelasan perkara yang menyangkut Ahok ini ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Setelah salinan diterima dalam tempo 30 hari, Tjahjo akan mengusulkan ke presiden agar Ahok diberhentikan.

WAJIB BACA :  Ahok Bantah Tuduhan Anies Baswedan Soal Aliran Uang Operasional Gubernur DKI
Berita Terkini: Pengharapan Ahok Menjelang Sidang Perdana yang Akan Digelar Hari Ini !
Copyright ©okezone

Juru Bicara Pengadilan Negeri Jakarta Utara yakni Hasoloan Sianturi mengatakan bahwa pengadilan ini akan segera membalas surat Kementerian Dalam Negeri tengan informasi perkara Ahok. Hasoloan mengatakan “Bila ada permintaan suatu instansi, kami akan mengkajinya, menyikapinya, dan membalasnya dengan baik sesuai yang diamanatkan undang-undang”.

Semkentara itu Direktorat Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri yakni Sumarsono mengatakan bahwa pemberhentian sementara ini berlaku hingga adanya putusan pengadilan tingkat pertama. Pemberhentian sementara ini telah diatur di dalam Pasal 83 ayat 1 dan 2 Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah. Selama Ahok diberhentikan, posisi Gubernur DKI Jakarta ini akan digantikan oleh Djarot selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Walaupun begitu, jika Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta ini telah memutuskan pemilihan Gubernur DKI Jakarta ini akan berlangsung dua putaran, pada bulan April 2017 ini Djarot akan kembali cuti. Pada masa itu, jabatan Gubernur Jakarta ini akan diisi oleh Soni Sumarsono yang pada saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas gubernur. Ahok akan kembali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta apabila dirinya mendapatkan vonis tidak bersalah sebelum masa jabatannya habis pada bulan Oktober 2017.

baca juga :

Berita Terkini: Ketua PBNU Himbau Masyarakat Tak Perlu Demo Dalam Sidang Ahok ‘Buang Tenaga’ !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here