Berita Terkini: Hari Ini Bank Indonesia BI Keluarkan 11 Desain Uang Rupiah Baru!

0
1416
Berita Terkini: Hari Ini Bank Indonesia BI Keluarkan 11 Desain Uang Rupiah Baru!
Copyright ©Poskota News

Hari Ini Bank Indonesia BI Keluarkan 11 Desain Uang Rupiah Baru!

Indowarta.com – Senin, (19/12/2016) Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan satu seri uang rupiah Tahun Emisi 2016 yang berjumlah 11 pecahan uang rupiah baru yang terdiri dari 7 pecahan uang rupiah kertas dan 4 pecahan uang logam dengan gambar pahlawan yang berbeda dengan sebelumnya. Desai baru itu menampilkan gambar pahlawan yang mewakili seluruh wilayah di Indonesia.

Hal itu dikutip dari akun Twitter resmi BI, terdapat 12 gambar pahlawan yang akan menghiasi 11 uang rupiah desain baru. Hanya ada 11 uang rupiah desai baru, karena terdapat satu pecahan yang didalamnya memuat dua pahlawan.

Pada pecahan Rp 100 ribu kertas, nantinya masih akan dicantumkan foto Bapak Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta. Selama ini uang RP 100 ribu kertas memang telah menggunakan gambar dua pahlawan tersebut.

Berita Terkini: Hari Ini Bank Indonesia BI Keluarkan 11 Desain Uang Rupiah Baru!
Copyright ©Rappler

Untuk pecahan Rp 50 ribu kertas, akan terpampang foto pahlawan yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, yakni Djuanda Kartawidjaja. Ia merupakan Perdana Menteri Indonesia yang ke-10.

G. S. S.J. Ratulangi atau yang lebih dikenal dengan Sam Ratulangi yang merupakan Gubernur Pertama Sulawesi, gambarnya akan berada dalam uang rupiah baru pecaran Rp 20 ribu.

Uang rupiah baru pecahan Rp 10 ribu kertas, akan terpampang gambar Frans Kaisiepo yang merupakan seorang pahlawan dayi Biak, papua. Frans merupakan seorang guru Taman Siswa yang diasingkan ke Digul, Papua. Ia ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 14 September 1993.

Guru Besar Nahdatul Ulama Idham Chalid yang merupakan pahlawan dari Kalimantan akan menghiasi uang rupiah pecahan Rp 5.000 kertas. Selanjutnya adalah Mohammad Hoesni Thamrin, Pahlawan Perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia yang lahir di Jakarta ini akan menghiasi uang rupiah baru pecahan RP 2.000 kertas.

Pahlawan wanita Tjut Mutia yang merupakan seorang pahlawan pejuang kemerdekaan pada zaan kolonial Belanda yang berasal dari Aceh akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 1000 kertas. Sedangkan untuk pecahan Rp 1.000 logam yaitu I Gusti Pudja, seorang oahlawan yang ikut dalam penyusunan naskah proklamasi.

Untuk pecahan Rp 500 logam akan dihiasi oleh gambar Letjen TNI TB Simatupang, Tjiptomangunkusumo pada uang rupiah baru pecahan Rp 200 logam dan Herman Johannes pada pecahan Rp 100 logam.

Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI, Andiwiana juga menjelaskan pemilihan pahlawan dalam desain mata uang baru itu didasari oleh kebhinekaan atau keragaman Indonesia. selain gambar pahlawan, akan dicantumkan gambar keindahan alam yang ada di Indonesia serta tarian daerah.

Dalam pemilihan pahlawan ini juga didasari oleh kontribusi lingkup perjuangannya. Pahlawan yang lingkup nasional meskipun berasal dari berbagai daerah di Indonesia. kemudian untk periode perjuangan serta ketokohan dan acceptibilitas pahlawan, seperti Frans Kaisiepo yang namanya telah digunakan pada fasilitas umum seperti rumah sakit juga Bandara di Papua.

Dalam menentukan pahlawan ini, BI bekerja sama dengan direktorat Kepahlawanan, Keperintisan dan Restorasi sosial. Disitu dipilih pahlawan yang memiliki foto resmi yang dapat digunakan untuk desain.

Baca Juga Berita Terkini: 4 Orang Ini dibekuk Polisi Usai Kedapatan Lakukan Praktik Prostitusi Online !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here