Berita Terkini: Gubernur BI Minta Dukungan Jokowi Ubah Rp 1000 Jadi Rp 1 !

0
1140
Berita Terkini: Gubernur BI Minta Dukungan Jokowi Ubah Rp 1000 Jadi Rp 1 !
Copyright ©Tribunnews

Berita Terkini: Gubernur BI Minta Dukungan Jokowi Ubah Rp 1000 Jadi Rp 1 !

Indowarta.com – Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo telah meminta dukungan kepada Presiden Jokowi agar program redenominasi bisa segera diimplementasikan. Dalam redenominasi tersebut, BI telah merencanakan untuk menyederhanakan 3 nol rupiah, jadi Rp 1.000 menjadi Rp 1.

Agus mengatakan, pihaknya juga akan mengusulkan kepada Presiden Jokowi, mohon untuk mendukung proses penyelesaian RUU redenominasi uang. Dengan adanya uang redenominasi maka akan dilakukan penyederhanaan jumlah digit pada pecahan rupiah sehingga menjadi lebih efisien.

Agus juga telah menegaskan, bahwa redenominasi bukanlah pemotongan nilai mata uang, jadi nantinya tidak akan mengurangi daya beli masyarakat. Nantinya dibutuhkan waktu sekitar 8 tahun untuk sosialisasi hingga implementasi rencana redenominasi itu.

Berita Terkini: Gubernur BI Minta Dukungan Jokowi Ubah Rp 1000 Jadi Rp 1 !
Copyright ©Liputan6

Ini bukanlah senering, ada masa transisi 8 tahun, saat berlakunya redenominasi. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dengan RUU redenominasi, jelas Agus.

Meskipun begitu proses redenominasi ini memerlukan persetujuan dari DPR. Karena pelaksanaannya nanti harus dipayungi hukum melalui Undang-undang.

Presiden Jokowi sendiri mendukung program redenominasi yang sudah direncanakan sejak lama. meskipun implementasinya nanti membutuhkan waktu yang cukup panjang. Seperti yang telah dikatakannya saat berada di Kantor Pusat BI, Jakarta, ini memerlukan waktu yang tidak pendek. Mungkin 7 tahunan. Jadi memerlukan waktu yang masih panjang.

Saat ini proses yang ditempuh adalah pembahasan Rencana Undang-undang (RUU) redenominasi dengan DPR. Setelah diputuskan, maka berlanjut kepada tahapan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat. Ini dikenal dengan nama transisi. Uang pecahan baru akan berlaku sama dengan uang peahen lama.

Tetapi Presiden Jokowi juga menilai, bahwa seharusnya RUU redenominasi ini sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun depan. Sehingga nantinya bisa dibahas oleh DPR. Jokowi mengatakan, redenominasi ini sebetulnya harus masuk ke dalam Prolegnas, ternyata pihaknya melihat belum masuk.

Program redenominasi sebenarnya sudah direncanakan sejak lama, bahkan sebelum pemerintahan Jokowi. Tetapi karena berbagai perkembangan yang terjadi, pembahasan dengan DPR pun tidak terealisasi.

Jokowi mengaku akan segera rencana yang di ajukan pihak BI pada anggota dewan. Komunikasi pilitik juga akan dilalui agar mengetahui alasan belum dibahasnya RUU.

Baca Juga Berita Terkini: Hari Ini Bank Indonesia BI Keluarkan 11 Desain Uang Rupiah Baru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here