Berita Terkini: Uang Baru Dianggap Mirip Yuan, Jokowi Ajak Cintai Rupiah !

0
5914
uang-rupiah-baru

Desain Fullcolor, Netizen Sebut uang Rupiah Mirip Yuan !

Indowarta.com– Netizen menganggap uang rupiah baru mirip dengan Yuan, mata uang China. Seperti yang diutarakan akun @_tiadi “yang setuju Rupiah baru mirip sama yuan, cung? Senada dengan @_tiadi, akun @FeryMokoginta juga mengatakan “ini bukan kebetulan, rupiah rasa Yuan China”.

Atas beredarnya isu rupiah mirip Yuan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membantahnya. Dalam peluncuran uang emisi tahun 2016, hari ini 19 Desember 2016 ia mengatakan “karena menghina rupiah sama saja dengan menghina Indonesia. Rupiah tidak akan diganti dan tidak akan tergantikan”.

Mantan walikota Solo ini pun mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai rupiah. Dengan mencintai rupiah berarti telah mencintai Indonesia.

Jokowi juga menambahkan mata uang rupiah adalah ciri khas Indonesia. Dalam beberapa uang tersebut diterbitkan gambar pahlawan nasional, tari nasional, pemandangan alam. Yang mana hal tersebut adalah karakteristik budaya Tanah Air.

uang-rupiah-baru
Copyright© okezone.com

Hingga hari ini, tagar #UangBaruSemangatBaru menjadi trending topik. Sayangnya pro dan kontra selalu berjalan beriringan. Diantara mereka yang pro menyambut uang rupiah baru dengan senang. Mereka berharap perekonomian lebih baik lagi seiring dengan uang baru.

Sayangnya banyak diantara mereka yang kontra atas desain uang rupiah baru yang full warna. Mereka mengatakan rupiah mirip dengan Yuan.

Dikatakan oleh @Oom-nanang “uang kertas yg baru, perhatikan warna, desain, dan logonya, mirip uang kertas Yuan China? Tokoh- tokoh yang dipasang ga jelas juga kepahlawanannya?”

Peluncuran uang emisi ini meliputi 7 pecahan uang rupiah kertas dan 4 pecahan uang rupiah logam. Keseluruhan dari desainnya menampilkan 12 pahlawan nasional. Masyarakat bisa memperoleh uang desain baru setelah resmi diluncurkan hari ini.

Masyarakat dapat menukarkan uang lama dengan desain baru di Blok M Square Jakarta Selatan dan Bank Indonesia. Usai acara resmi peluncuran uang rupiah baru yang dianggap mirip Yuan, masyarakat dapat menukarkan mulai pukul 11.00 WIB.

Adapun gambar pahlawan yang ditampilkan adalah :

  1. Ir Soekarno
  2. Drs Mohammad Hatta
  3. Ir H Djuanda Kartawidjaja
  4. Letjen TNI TB Simatupang
  5. Dr Tjipto Mangunkusumo
  6. Dll

baca juga :

Berita Terkini: Hari Ini Bank Indonesia BI Keluarkan 11 Desain Uang Rupiah Baru!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here