Berbagai Euforia Dilakukan Warga Demi Menyambut Uang Baru yang Dikira Pegang Dollar !

0
1946
Berbagai Euforia Dilakukan Warga Demi Menyambut Uang Baru yang Dikira Pegang Dollar !
Copyright ©Tribunnews

Berbagai Euforia Dilakukan Warga Demi Menyambut Uang Baru yang Dikira Pegang Dollar !

Indowarta.com – Setelah resmi diluncurkan oleh BI pada Senin (19/12/2016), 11 uang baru kertas dan logam tahun emisi 2016 kini mulai diburu oleh masyarakat. Untuk memperkenalkan uang baru tersebut, Gubernur BI bahkan langsung melakukan blusukan dan belanja di pusat perbelanjaan Blok M Square kemarin.

Tidak hanya itu, masyarakat juga diberikan kesempatan untuk memiliki uang baru tersebut. BI telah menyediakan lokasi penukaran di kawasan tersebut. terlihat sejumlah orang ikut mengantre di lokasi penukaran uang lama dengan uang yang baru tahun emisi 2016. Umumnya dari mereka penasaran dengan rupa desain baru uang rupiah.

Seperti yang dikatakan seorang pedagang bernama Heru, dirinya menukarkan uang hanya karena ingin tahu saja. dia menukarkan uang senilai Rp3,8 juta dengan uang receh pecahan Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu. Dia memang membutuhkan pecahan uang kecil ini sebagai uang kembalian.

Berbeda lagi dengan seorang warga yang bernama Rahmansyah. Pria ini berprofesi sebagai pelukis, dia menukarkan uang Rp 3,8 juta untuk dijadikan koleksi. Menurutnya desain baru rupiah kali ini lebih bagus dari desain uang lama. Ia mengatakan motifnya seperti uang luar negeri, kayak megang dolar.

Berbagai Euforia Dilakukan Warga Demi Menyambut Uang Baru yang Dikira Pegang Dollar !
Copyright ©Tribunnews

Penukaran uang juga terlihat di Kantor BI perwakilan Tasikmalaya, beberapa orang terlihat sedang mengantri untuk menukarkan uang pecahan lama dengan uang baru tersebut.

Seperti Firmansyah warga Kelurahan Bantar, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya misalnya. Setelah mendapatkan informasi bahwa uang pecahan baru dinyatakan telah sah sebagai alat pembayaran, Firman langsung datang ke Bank untuk menukarkan uang.

Firman mengaku kalau dirinya hanya penasaran saja, kebetulan dirinya suka mengoleksi uang, jadi iseng untuk datang ke BI. Ternyata dia jadi orang pertama yang menukarkan uang di BI Tasikmalaya. Tidak hanya dirinya saja, ternyata juga ada warga yang juga ingin menukarkan uang baru di BI.

Hal serupa juga dilakukan oleh Yogi Trianto, warga Kelurahan Sukarindik, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. Awalnya dia hanya ingin menukarkan uang rusak di Bank Indonesia tetapi ternyata akhirnya dia menukarkan uang pecahan Rp 200 ribu yang lama dengan 7 pecahan uang rupiah kertas baru.

Kepala Tim kantor Perwakilan Wilayah BI Tasikmalaya Desi Junaedi mengatakan, penukaran uang pecahan baru secara resmi bisa dilakukan di perbankan mulai hari ini,Selasa (20/12/2016). BI hanya melayani penuikaran uang hingga Rabu 21 Desember 2016.

Meskipun dapat melakukan penukaran uang, Dedi mengatakan, distribusi pecahan baru tahun emisi 2016 masih terbatas. Sehingga penukaran uang juga masih dibatasi, maksimal Rp 225.000 per paket.

Baca Juga Berita Terkini: Hari Ini Bank Indonesia BI Keluarkan 11 Desain Uang Rupiah Baru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here