Berita Terkini: Federasi Serikat Guru Indonesia Menyesalkan Moratorium Ujian Nasional Batal !

0
959
USBN, Jadi Wajah Baru Ujian Sekolah !
Copyright ©Merdeka

Federasi Serikat Guru Indonesia Menyesalkan Moratorium Ujian Nasional Batal !

Indowarta.com – Federasi Serikat Guru Indonesia menyesalkan keputusan pemerintah yang tetap melanjutkan Ujian Nasional. Usulan untuk moratorium atau mengehentikan UN sementara sebelumnya terlah diajukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Namun ternyata usulan tersebut ditolak dalam rapat terbatas di kantor Kepresidenan, Kompleks Istana Kepresidenan pada Senin (20/12/2016).

Sekjen FSGI Retno Listyani mengatakan, FSGI sangat menyayangkan bahwa moratorium Ujian Nasional dibatalakan, sehingga UN tetap akan dilaksanakan dengan sejumlah perbaikan. Selain itu FSGI sejak awal mendukung moratorium UN bukan karena alasan teknis, melainkan alasan subtantif.

Berita Terkini: Federasi Serikat Guru Indonesia Menyesalkan Moratorium Ujian Nasional Batal !
Copyright ©Netralnews

Dukungan terkait moratorium UN itu juga telah disampaikan langsung kepada staf kantor Presiden beberapa waktu yang lalu.  UN selama 12 tahun ini terbukti tidak meningkatkan kualitas pendidikan, kata Retno.

Retno juga mengatakan bahwa dalam praktiknya fungsi UN untuk memetakan pendidikan itu tidak terlihat. Justru masih banyak ketidakjujuran yang terjadi dalam pelaksanaan Ujian Nasional yang berlangsung di setiap tahunnya.

UN yang tidak falid jelas tidak mampu memetakan persoalan pendidikan, tutur Retno. UN saat ini memang tidak lagi menjadi tolak ukur untuk menentukan kelulusan siswa. Namun, UN juga masih digunakan menjadi alat ukur berbagai indikator, mulai dari kualitas guru, siswa, sekolah, indeks kejujuran siswa di sekolah, hingga digunakan untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Menurut Retno, pemerintas seharusnya mempertimbangkan hal tersebut sebagai hal yang sangat tidak tepat. Setelah rapat terbatas kemarin, Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet menyampaikan bahwa Ujian Nasional akan digelar seperti tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun demikian, pemerintah akan melakukan sejumlah langkah untuk menyempurnakan UN agar dapat benar-benar menjadi pendongkrak intelektualitas murid.

Pertama yakni pemerintah terus mendorong perbaikan kualitas guru. Kedua, pemerintah melalui Kemendikbud juga akan meningkatkan kualitas kisi-kisi UN. Keputusan untuk melanjutkan UN ini didasarkan pada survei yang telah dilaksanakan oleh PISA, sebuah lembaga study international tentang kondisi pendidikan di Indonesia.

Survei tersebut menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia setiap tahun meningkat tajam. Peningkatan ini dapat dilihat mulai tahun 2003 hingga tahun 2016. Sementara itu, Muhadjir hanya bisa pasrah karena usulannya ditolak dalam rapat kabinet

Baca Juga Sambil Kenalkan Uang Baru, Gubernur BI Beri Pesan Jangan Melipat, Meremas dan Mencoret Uang Terbaru !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here