Mengenal Lebih Jauh Tentang Hari Ibu Dan Sejarah 22 Desember !

    0
    1608
    selamat-hari-ibu
    Copyright ©AnindaOnline

    Mengenal Lebih Jauh Tentang Hari Ibu Dan Sejarah 22 Desember

    Indowarta.com  Hari Ibu , tentunya tidak lupa dengan 22 Desember, apalagi kalau kita ingat seorang sosok ibu. Sebab itulah Indonesia pada setiap 22 Desember akan memperingati Hari Ibu. Di negara-negara lain tentu juga memperingti Hari Ibu, namun di negara satu dengan lainnya berbeda bulan ataupun tanggalnya. Hari ibu itu sendiri juga pasti ada sejarhnya, maka dari itu bukan hanya memperingati saja alangkah baiknya apabila kita mengerti sejarah Hari Ibu itu sendiri.

    Pada awalnya hari ibu diperingati hanyalah untuk mengenang para pejuang wanita dan para srikandi besar  yang ikut dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari belenggu para penjajah. Namun dengan semakin maju dan berkembangnya zaman yang semakin  modern mengartikan Hari Ibu adalah hari dimana melibatkan hubungan seorang anak dan ibunya.

    Sejarah mengapa 22 Desember di Indonesia ditetapkan sebagi hari ibu, hal  tersebut karena Ir. Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah hari ibu yang dirayakan secara nasional sampai saat ini. Dan dibalik 22 Desember yang diperingati sebagai hari itu pasti ada sejarah yang membuat hari ibu di peringati oleh bangsa Indonesia.

    ucapan-selamat-hari-ibu-_
    Copyright ©RedaksiCepat

    Menengok sejarah hari ibu kita tidak bisa lepas dari sosok wanita yang memperjuangkan hak seorang wanita seperti R.A Kartini , Cut Mutia, Cut Nyak Dien, Walanda Maramis, Dewi Santika. Mereka adalah para pejuang wanita dan merekalah yang sangat berperan penting dalam membela kaum wanita dari penjajah.

    Pada tanggal 22-25 Desember 1928 bertempat di Yogyakarta, Pejuang wanita dari tanah Jawa sampai Sumatera berkumpul dan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia 1 (pertama). Perstiwa inilah yang menjadi tonggak dari peringatan 22 Desember sebagai Hari Ibu yang di peringati secara nasional.

    Sebenarnya sebelum konggres tersebut dilaksnakan para pejuang wanita sudah memulai perjuangannya dari awal. Tetapi para pejuang wanita tersebut masih berjuang di daerah masing-masing, belum membentuk organisasi dan menjadi satu.

    Tentunya pada tanggal 22 Desember merupakan puncak acara hari ibu di negara kita. Maka dari itu setiap peringatan hari ibu banyak yang mempersiapkannya. Itulah sekilas sejarah hari ibu di Indonesia.

    Baca Juga: Berbagai DP BBM Dan Ucapan Sekaligus Makna mendalam Dari Peringatan Hari Ibu yang Mesti Diketahui !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here