Berita Terkini: Indonesia Terancam Daftar Potensi Gempa Papua Nugini?

0
635
gempa magnitudo Ternate

Berita Terkini: Indonesia Terancam Daftar Potensi Gempa Papua Nugini?

Indowarta.com– Gempa dengan kekuaatan 7,9 skala richter yang memicu gelombang tsunami berbahaya telah mengguncang Papua Nugini. Berdasarkan informasi dari Pasific Tsunami Warning Center (PTWC), gempa Papua Nugini ini berlokasi di New Ireland Region.

PTWC telah menyebutkan bahwa diperkirakan gelombang tsunami berbahaya tidak hanya melanda lepas pantai Papua Nugini saja. Namun gelombang Tsunami berbahaya ini juga akan melanda Kepulauan Solomon, Pohnpei, Chuuk, Nauru, Kosrae dan juga Vanuatu termasuk Indonesia.

PTWC ini menyebutkan bahwa gelombang tsunami ini akan mencapai 1 hingga 3 meter di sepanjang pantai Papua Nugini. Sementara itu gelombang di daerah lain termasuk juga Kepulauan Solomon dan juga Indonesia kemungkinan akan terjadi gelombang dengan tinggi kurang dari 0,3 meter.

US Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS seperti dikutip dari USA Today pada  hari Sabtu 17 Desember 2016 menyebutkan bahwa gempa dengan kekuatan sebesar 7,9 skala richter melanda 46 kilometer (29 mil) timur Taron di Papua Nugini. Gempa Papua Nugini ini memiliki kedalama 103 kilometer atau 61 mil. Gempa dengan kedalaman seperti itu cenderung tidak akan menimbulkan kerusakan.

Pada awalnya USGS mengatakan bahwa besarnya gempa ini sebesar 8,0 skala richter. Namun kemudian angka itu diralat dan diturunkan menjadi 7,9 skala richter.

gempa

Mathew Moihoi, seorang pejabat dengan Geophysical Observatory mengatakan bahwa gempa mengguncang warga di dekat pusat gempa di pulau New Ireland, tetapi tidak dirasakan di Ibu Kota Papua Nugini, Port Moresby. Hingga saat ini masih belum terdapat laporan yang menyebutkan mengenai kerusakana yang ditimbulkan oleh gempa ini. Para otoritas terkait masiih memantau situasi terkini.

Sementara itu berdasarkan informasi yang telah diberikan oleh Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika wilayah V Jayapura ini menyebutkan bahwa hasil permodelan tsunami yang telah dilakukan oleh BMKG, tsunami ini tidak akan sampai ke wilayah provinsi Papua dan juga Papua Barat. masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak perlu diadakan evakuasi.

baca juga :

AirAsia Dukung Misi Kemanusiaan Dengan Terbangkan Bantuan Untuk Korban Gempa Di Aceh !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here