Berita Terkini: ISIS Klaim Teror Truk Tabrak Pasar Natal di Berlin !

0
676
Berita Terkini: ISIS Klaim Teror Truk Tabrak Pasar Natal di Berlin !
Copyright ©Kompas

ISIS Klaim Teror Truk Tabrak Pasar Natal di Berlin !

Indowarta.com – Selasa 20 Desember 2016 ISIS mengklaim bahwa kelompoknya adalah otak dari serangan truk maut ke Pasar Natal Berlin. Korban tewas serangan tersebut mencapai 12 orang dengan lebih dari 40 orang lainnya yang mengalami luka.

Akan tetapi pemerintah Jerman belum memastikan apakah insiden truk yang menabrak pasar Natal itu murni kecelakaan atau teror. Tetapi, dari kantor media ISIS, Amaq seperti yang dikutip dari thelocal.de pada Rabu (21/12/2016), tentara ISIS adalah orang yang menjalankan operasi Berlin untuk menargetkan warga sipil di negara-negara koalisi.

Klaim tersebut datang setelah polisi beserta jaksa Jerman membebaskan satu-satunya orang yang mereka tangkap tidak jauh dari lokasi insiden tragis itu. Polisi membebaskan imigran dari Pakistan setelah dianggap tidak cukup bukti.

Berita Terkini: ISIS Klaim Teror Truk Tabrak Pasar Natal di Berlin !
Copyright ©SINDOnews

Kepala Kantor Kejaksaan Federal telah membebaskan pria tersebut, warga negara Pakistan, karena tidak memiliki cukup bukti untuk mendakwanya melakukan tidak kejahatan. Menurut keterangan dari kantor kejaksaan federal, tes forensik sejauh ini tidak membuktikan bukti apapun untuk mendakwa tersangka.

Para pejabat Jerman mengatakan bahwa teroris yang belum diketahui identitasnya itu mencuri truk tersebuk kemudian dengan sengaja menerjang pasar Natal di luar gereja yang sangat terkenal Kaiser Wilhelm Memorial Church.

 Sementara itu, setelah insiden tragis tersebut, bendera-bendera Jerman dikibarkan setengah tiang. Di lokasi kejadian terdapat berbagai karangan bunga dan lilin yang dinyalakan.

Serangan dengan menggunakan truk ini mengingatkan pada serangan teror yang serupa di Nice, Prancis, Juli 2016 lalu. klaim ISIS itu muncul dari sejumlah anggotanya yang menulis di akun Twitter terenkripsi.

Tetapi Menteri Dalam Negeri Jerman Andreas Geisel mengatakan masih belum jelas apakah ISIS terlibat dalam serangan itu atau bukan.  Polisi Jerman menegaskan bahwa satu orang telah ditahan dan seorang lainnya meninggal di dalam truk yang ditabrakkan ke pasar Natal. Polisi juga belum mengonfirmasi siapa pengemudi truk tersebut.

Insiden tersebut disaat jam sibuk. Seperti yang dikatakan oleh Emma Rushton, seorang turis, dirinya mendengarkan ledakan keras. Dia mulai melihat bagian atas truk, terlihat sebuah truk yang menabrak gerai dan melewati orang-orang.

Tidak lama setelah insiden itu, puluhan mobil polisi dan kendaraan darurat tiba  di lokasi kejadian. Truk sudah dilacak dan ternyata berasal dari Polandia. Tetapi, asal usul pengemudi truk itu belum diketahui.

Ariel Zurawik, pemilik truk Polandia menyatakan kalau dirinya takut kendaraan yang dioreasikan oleh sepupunya itu kemungkinan telah dibajak.

Baca Juga Lewat Video Ini, Akhirnya Idenditas Penembak Dubes Rusia Saat Di Turki Terkuak !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here