Berita Terkini: Begini Analisa BMKG Soal Gempa 6.6 SR Di Maluku !

    0
    608
    Gempa
    Copyright©Republika

    Berita Terkini: Begini Analisa BMKG Soal Gempa 6.6 SR Di Maluku !

    Indowarta.com– Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku telah diguncang gempa bumi dengan kekuatan 6,6 skala richter. Penyebab dari gempa Maluku yang terjadi ini adalah karena subduksi Banda.

    Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Drs. Mochammad Riyadi, M.Si mengatakan bawha gempa bumi laut Banda ini jika dilihat dari kedalaman hipsenternya merupakan jenis gempa bumi menengah. Gempa bumi ini terjadi karena adanya aktivitas dari subduksi Banda dengan laju sekitar 20 mm per tahun ke arah barat laut di Cekungan Weber bagian selatan.

    Hal tersebut telah disampaikan oleh Riyadi dalam keterangan tertulisnya yang dibuat pada hari Rabu 21 Desember 2016. Riyadi menjelaskan bahwa cekungan laut dalam di Banda ini sering kali disebut dengan zona Deep Weber.

    gempa

    Berdasarkan data dari BMKG, telah menunjukkan bahwa beberapa tahun terakhir ini di zone Deep Weber ini memang mengalami peningkatan aktivitas seismik yang memang cukup signifikan. Zona ini juga terjadi gempa bumi dengan kekuatan sebesar  5,2 skala richter dan juga dirasakan di Kepulauan Tanimbar dan juga Kepulauan Kei Kecil pada hari Selasa 20 Desember 2016.

    gempa Maluku dengan kekuatan sebesar 6,6 skala richter hari ini terletak pada titik koordinat 7,75 LS dan 128,01 BT yang tepatnya berada di laut Banda pada jarak 357 kilometer arah barat laut Kota Saumlaki. Gempa ini memiliki kedalaman hingga 173 kilometer.

    Berdasarkan dari peta tingkat guncangan BMKG ini telah menunjukkan bahwa dampak dari gempa bumi yang terjadi ini dirasakan dalam cakupan wilayah yang sangat luas. Beberapa wilayah yang merasakan dampak itu adalah Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Kei Kecil, Pulau Damar, Pulau Moa, Pulau Timor, Pulau Wetar dan Pulau Alor pada skala intensitas II SIG BMKG atau III MMI.

    Menurut beberapa laporang, gempa Maluku yang terjadi ini telah dirasakan oleh banyak orang. Beberapa warga keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun hingga saat ini masih belum ada laporan yang menyebutkan tentang kerusakan yang terjadi.

    baca juga :

    Berita Terkini: Indonesia Terancam Daftar Potensi Gempa Papua Nugini?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here