Begini Penjelasan BI Soal Cut Meutia Tak Pakai Hijab Dalam Uang Baru !

0
3620
Cut Meutia

Begini Penjelasan BI Soal Cut Meutia Tak Pakai Hijab Dalam Uang Baru !

Indowarta.com- Belum usai dengan tuduhan yang mirip dengan Yuan, uang rupiah dengan desain terbaru ini kembali diterpa isu tidak mengenakkan. Kali ini isu miring menerpa kepada para pahlawan yang terpampang di dalah desain rupiah baru ini.

Salah satu yang kini tengah ramai dibicarakan di media sosial ini adalah mengenai foto pahlawan asal Aceh yang bernama Cut Nyak Meutia. Karena tidak memakai hijab, beberapa netizen menuduh bahwa foto dari Cut Meutia ini tidak sesuai.

Terkait dengan hal itu, Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia yakni Suhaedi pun angkat biacara. Suhaedi mengatakan bahwa pemilihan foto pahlawan ini sudah melalui diskusi yang panjang dan juga melibatkan banyak pihak.

Pada saat dikonfirmasi pada hari Rabu 21 Desember 2016 Suhaedi mengatakan “Semua foto pahlawan, setelah diskusi panjang dengan berbagai pihak, kita mintakan persetujuan dan masukan dari ahli waris apabila ada yang lebih pas”. Dirinya juga menambahkan bahwa semua pemilihan foto ini telah dilakukan dengan hati-hati. Pewarnaan dan juga pencahayaannya juga telah diatur agar terlihat lebih cerah.Cut Meutia

Pahlawan asal Aceh lainnya yang pernah terpampang di uang rupiah ini selain Cut Meutia adalah Cut Nyak Dien. Pahlawan yang telah meninggal dunia di Sumedang pada tahun 1908 ini pada uang pecarah Rp 10.000 juga tidak mengenakan hijab.

Sebelumnya, uang Rupiah desain baru yang baru saja dirilis ini telah dituding mirip dengan Yuan. Bahkan karena desain baru yang diduga mirip dengan Yuan ini, pemerintah sampai dituduh sebagai antek China.

Dalam uang edisi terbaru yang diterbitkan oleh BI ini jumlahnya ada 11 desain baru. 11 desain baru ini terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan juga 4 pecahan uang logam. Selain itu juga terdapat beberapa pengamanan tambahan agar uang ini sulit dipalsukan. Bi mengklaim bahwa uang edisi terbaru ini merupakan salah satu yang terbaik didunia  terkait dengan pengamanannya.

baca juga :

Didik Mental Jiwa Petarung Sejak Dini Jadi Alasan Utama Kenapa Presiden Jokowi Masih Berlakukan Ujian Nasional !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here