Om Telolet Om Jadi Gambaran Dunia Anak yang Sesungguhnya !

0
2156
Masuk Musim Liburan, Nasib Om Telolet Om Terancam Berakhir !
Copyright ©Kini

Om Telolet Om Jadi Gambaran Dunia Anak yang Sesungguhnya !

Indowarta.com – Video “om telolet om yang saat ini menjadi viral merupakan gambaran bahwa dunia anak memang sesederhana itu. Dengan tertawa lepas tanpa beban dan girang terlihat pada mereka saat bunyi klakson bus antar kota itu dibunyikan oleh sang sopir.

Psikolog Anak, Ratih Zulhaqqi mengatakan bahwa selama stimulasi berhasil merangsang sensori anak, sudah pasti itu membuat mereka tertarik. Misalnya saja suara yang tinggi, bentuk nada-nada tertentu, gambar dengan warna yang cerah, gambar yang bagus.

“Selama itu membuat sensori mereka terstimulasi, itu menyenangkan buat mereka, termasuk juga dengan fenomena om telolet om,” tutur Ratih.

Om Telolet Om Jadi Gambaran Dunia Anak yang Sesungguhnya !
Copyright ©Bintang

Ratih juga menambahkan, kalau itu suara, kemudian juga ada yang membentuk satu lagu yang familiar di telinga anak-anak. Pada akhirnya itu membuat mereka seperti selalu menanti si supir bus untuk memainkan lagu tersebut.

Menurut Psikolog Anak ini, hal baik yang dapat dilihat dari video om telolet om itu adalah anak kecil memang mudah untuk merasakan kebahagiaan dari pada orang dewasa. Karena kegiatan tersebut merangsang sensori mereka.

Ratih juga menjelaskan kalau sensori manusia itu ada 7 macam. Dua diantaranya yaitu visual dan auditori. Om Telolet Om ini merangsang auditori anak-anak, karena pada dasarnya anak-anak lebih mudah belajar lewat musik.

Teriakan Om Telolet Om dari anak-anak di kawasan Jepara ke setiap bus yang melintas kini mendunia, bahkan OM Telolet Om juga menjadi tranding topic di Twitter. Bahkan sejumlah artis dunia pun juga di dera demam Om Telolet Om. Rata-rata isi kicauan mereka itu menanyakan tentang ungkapan tersebut.

Sebenarnya kebiasaan meneriakkan om telolet om bukanlah hal baru. Tidak hanya berteriak aada anak-anak yang juga menuliskan kata-kata itu di secarik kertas kemudian di tunjukkan kepada sang sopir bus agar membunyikan klaksonnya.

Akan tetapi Ratih juga melihat sisi negatifnya dari aksi yang menjadi viral ini. Beberapa anak terlihat sedang selfie di depan bus. Jelas itu terlihat ekstrem dan membahayakan. sebenarnya demam telolet ini tidak hanya terjadi pada anak-anak, bahkan orang dewasa juga tampak terjangkit demam telolet ini.

Karena lokasinya ini di jalan raya, maka anak-anak harus dipantau oleh orang tua. Sebab, regulasi fisik dari anak belum begitu oke. Takutnya karena mereka terlalu happy, mereka tidak bisa mengontrol diri mereka dan membahayakan.

Baca Juga Kaleidoskop : Inilah 7 Suara Tololet Paling Bagus yang Berhasil Dihimpun Oleh BMC Dalam Sebuah Video Youtube !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here