Berita Terkini: BI Beri Penjelasan tentang Pemilihan Pahlawan dalam Uang Baru Kali Ini !

0
1111
uang baru
Copyright ©Tribunnews

BI Beri Penjelasan tentang Pemilihan Pahlawan dalam Uang Baru Kali Ini !

Indowarta.com – Bank Indonesia (BI) akhirnya buka suara menjawab maraknya pertanyaan di media sosial tentang alasan pemilihan sederat nama pahlawan Indonesia yang dicantumkan di dalam salah satu uang baru Tahun Emisi 2016.

Sebelumnya BI telah resmi meluncurkan uang rupiah baru pada Senin (19/12/2016). Uang rupiah pecahan baru tersebut meliputi 11 pecahan yang terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam atau koin.

Dalam desain uang baru itu memuat gambar-gambar pahlawan di Indonesia. Diantaranya yakni Djuanda Kartawidjaja, Idham Chalid, Tjut Meutia, Frans Kaisiepo dan T.B Simatupang. Selain gambar pahlawan juga terdapat gambar kebudayaan Indonesia dan panorama alam yang berada di sejumlah wilayah Indonesia.

Berita Terkini: BI Beri Penjelasan tentang Pemilihan Pahlawan dalam Uang Baru Kali Ini !
Copyright ©Bintang

Penggunaan gambar pahlawan ini merupakan suatu penghormatan jasa-jasa pahlawan bangsa dan upaya untuk lebih memperkenalkan keragaman budaya serta kekayaan alam Indonesia, kata Gubernur BI, Agus Martowardojo saat menyampaikan sambutan dalam acara peluncuran uang baru di gedung Bank Indonesia, Jakarta.

Deputi direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Yudi Harymukti mengatakan kalau pemilihan pahlawan nasional ini telah dilakukan dalam tahap yang sangat panjang dan sudah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, sejarawan, akademis serta tokoh masyarakat.

Yudi juga menjelaskan, terdapat sejumlah kriteria yang disyaratkan untuk mencantumkan sosok pahlawan dalam seri pecahan rupiah. Pertama yaitu pahlawan yang gambarnya belum pernah digunakan dalam pecahan rupiah sebelumnya, kecuali dengan proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.

Setelah itu harus ada keterwakilan daerah, tanpa memperhatikan latar belakang agama dan gender. Kemudian yang terakhir diterima atau tidak ada kontroversi di masyarakat.

Deputi Direktur Departemen komunikasi BI, Andiwiana juga mengatakan dalam menetapkan pahlawan di uang baru, BI sepenuhnya mengacu pada data dari Kementerian Soaial. Untuk nama dan foto resmi yang digunkan pihaknya menggunakan versi Kemensos, pihaknya hanya mengikuti apa yang terdaftar di negara.

Uang baru dengan desain baru kembali diterpa isu, sebelumnya di tuduh mirip dengan Yuan. Selain itu juga ada isu miring yang menerpa para pahlawan yang terpampang dalam desain pecahan uang rupiah baru ini.

Salah satu yang ramai diperbincangkan yaitu mengenai foto pahlawan Cut Nyak Muetia karena tidak mengenakan hijab. Netizen menuduh foto tersebut tidak sesuai.

Baca Juga Berita Terkini: Ancam Densus 88 Dan Akan Ledakkan Pos Polisi Tiga Terduga Teroris Di Tangsel Tewas !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here