Berita Terkini: Banjir Masih Rendam Jalan Lintas Kota Di Bima !

0
578
Berita Terkini: Banjir Masih Rendam Jalan Lintas Kota Di Bima !
Copyright ©Tempo

Banjir Masih Rendam Jalan Lintas Kota Di Bima !

Indowarta.com – Hujan deras yang mengguyur merata di Bima dan Sumbawa mengakibatkan banjir besar di beberapa daerah. Ribuan rumah terendam banjir di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat sejak Rabu dini hari tadi sekitar pukul 03.00 Wita.

Banjir Bima kali ini merendam lima kecamatan di Kota Bima yang memiliki ketinggian sekitar satu hingga dua meter. Lima kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Rasanae, Rasanae Timur, Rasanae Barat, dan Kecamatan Punda.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis mengatakan tinggi banjir di wilayah Lewirato, Sadia, Jati Wangi, Melayu, Pena Na’e bahkan mencapai ketinggian dua meter.

Berita Terkini: Banjir Masih Rendam Jalan Lintas Kota Di Bima !
Copyright ©Pojok Satu

Akibat banjir Bima ini, banyak warga yang dievakuasi. Para tahanan di Kota Bima juga turut di evakuasi karena terendam banjir.

Di Kabupaten Bima, banjir merendam Desa Maria dan Desa Kambilo, Kecamatan Wawo. Berdasarkan data sementara, tercatat 25 rumah mengalami rusak berat, lima rumah hanyut, tiga rumah rusak sedang dan satu jembatan negara putus.

Banjir juga merendam Desa Unter Kroke Kecamatan Unter Iwis Kabupaten Sumbawa. Menurut keterangan dari Sutopo, tercatat sebanyak 120 keluarga atau 610 jiwa terdampak, satu rumah mengalami kerusakan berat, satu rumah rusak ringan dan dua jembatan desa putus.

Ketinggian banjir sekitar 1-2 meter. Maka dari itu penerbangan dari Mataram ke Bima belum dapat dilakukan karena bandara saat ini masih terendam banjir.

Sejauh ini, BPBD bekerja sama dengan TNI, Polri, SAR, Tagana, PMI, SKPD, relawan serta masyarakat untuk mengevakuasi warga yang terdapak banjir Bima kali ini. selain itu pelayanan kesehatan juga diberikan bagi warga.

Akibat dari bencana banjir yang melanda jalan utama di Kota Bima, tepatnya di kawasan Pasar Raya Amahami, Jalan Lintas Sumbawa, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, NTB, jalur-jalur itu belum dapat dilalui kencaraan kecil. Hanya kendaraan besar seperti truk dan bus yang bisa melewati jalur itu dengan menerobos genangan air.

Sejumlah personel dari Polres Bima dan Polsek Rasanae Barat serta DLLAJ kota Bima terus disiagakan untuk mengatur dan mengamankan lalu lintas. Sejumlah personel polisi ada yang harus berdiri di tengah genangan banjir untuk mengatur arus kendaraan.

Baca Juga Gambar 5 Pahlawan Dalam Uang Baru Disebut Kafir, Dwi Estiningsih Dipolisikan !

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY