Berita Hari Ini: Begini Cara Bank Indonesia Membantu Tuna Netra untuk Mengenali Uang Rupiah Baru!

0
1467
uang baru
Copyright ©Tribunnews

Berita Hari Ini: Begini Cara Bank Indonesia Membantu Tuna Netra untuk Mengenali Uang Rupiah Baru!

Indowarta.com– 11 uang rupiah dengan desain baru telah dirilis oleh Bank Indonesia (BI). 11 uang desain baru itu terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan juga 4 pecahan uang logam. Uang kertas yang telah diterbitkan ini teridiri dari nominal  Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. sedangkan  untuk yang pecahan logam ini terdiri atas nominal Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Tidak hanya tampilan saja yang kini telah berubah, tingkat keamanan dari uang desian baru ini pun juga mengalami peningkatan. BI telah mendesain rupiah keluaran baru ini dengan lebih istimewa lagi yakni para penyandang tuna netra secara langsung akan bisa mengenali besaran uang tersebut dengan meraba bagian pinggir dari masing-masing uang rupiah kertas. Untuk uang kertas pecahan Rp 100 ribu, jika diraba akan terdapat satu garis timbul.

Sementara itu untuk uang pecahan Rp 50 ribu akan terdapat 2 garis timbul. Uang kertas pecahan Rp 20 ribu akan terdapat 3 garis timbul. Uang kertas pecahan Rp 10 ribu akan terdapat 4 garis timbul, yang kertas pecahan 5 ribu akan terdapat 5 garis timbul. Uang kertas pecahan Rp 2.000, ada 6 garis timbul, dan uang kertas pecahan Rp 1.000, ada 7 garis timbul.

Berita Terkini: BI Beri Penjelasan tentang Pemilihan Pahlawan dalam Uang Baru Kali Ini !
Copyright ©Tribunnews

Tidak hanya itu saja, para penyandang tuna netra juga akan bisa mengenali uang desain baru ini dengan cara meraba pada bagian nominal di pecahan uang tersebut. Pada uang desain baru ini jika diraba pada bagian nominalnya akan bisa langsung diknelai huruf dan angkanya karena tullisan dan juga angka masing-masing pecahan ini dicetak agar lebih timbul sehingga akan memudahkan para penyandang tuna netra.

Uang rupiah desain baru ini telah dirilis oleh BI pada tanggal 20 Desember 2016 kemarin. BI mengklaim bahwa uang rupiah keluaran baru ini merupakan salah satu  yang terbaik di dunia dengan tingkat keamanan yang lebih baik lagi.

baca juga :

Berita Terkini: BI Beri Penjelasan tentang Pemilihan Pahlawan dalam Uang Baru Kali Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here