Menelisik Sejarah Kelam di Balik Peringatan Hari Ibu!

    0
    1027
    Hari Ibu
    copyright CNN

    Menelisik Sejarah Kelam di Balik Peringatan Hari Ibu!

    Indowarta.comHari ibu kali ini tepat diperingati untuk yang ke 102 kalilnya. Perayaan hari ibu ini sangat dikenal akrab dengan pemberian hadiah, ucapan kepada ibu dan juga ungkapan rasa sayang terhadap ibu. Hal ini juga merupakan salah satu penghargaan bagi para ibu. Namun apakah anda sudah tahu mengenai sejarah dari hari Ibu?

    Pada awalnya, hari ibu ini diperingati sebagai salahs satu ungkapan berkabung bagi para wanita yang memiliki pasang berprofesi sebagai prajurit dan telah gugur karena misi perdamaian. Namun pada saat hal ini menjadi semakin komersial, salah satu wanita yang bernama Anna Jarvis ini telah mempertaruhkan dirinya sendiri untuk melawan hal tersebut dan mati miskin dalam sebuah sanatorium.

    Menurut salah satu sejarahwn di Wes Virginia Weleyang College yakni bernama Katharine Antolini, kisah iniĀ  berawal pada tahun 1850an.pada saat itu organisasi pekerja wanita Virginia Barat yang dimpimpin oleh Ann Reeves JarvisĀ  yang merupakan ibu dari Anna Jarvis ini telah memperingati hari ibu untuk meningkatkan kondisi sanitasi, menekan jumlah kematian bayi, memerangi penyakit, dan membatasi kontaminasi susu. Selain itu organisasi ini juga melakukan pengobatan terhadap prajurit yang terluka karena Perang Saudara di Amerika Serikat yang terjadi pada tahun 1861 hingga 1865.

    Hari Ibu
    copyright CNN

    Ann bersama dengan wanit yang lainnya telah membuat Friednship day sebagai slah satu strategi untuk mempersatukan bekas musuh pada tahun sesudah perang terjadi. Lalu Jullia howe yang merupakan pencetus dari Mothers day Proclamation pad tahun 1870 ini telah menyerukan kepada para wanita untuk mengambil peran akti di dalam politik untuk mempromosikan perdamaian Namun, Anna-lah yang mengambil peran paling besar terhadap Mother‘s Day atau Hari Ibu yang sekarang ini kita peringati.

    Sementar itu, Anna Jarvis sendiri tidak mempunyai anak sendiri. Kematian ibunya pada tahun 1905 ini telah memberikan inspirasi bagi dirinya untuk memperingati hari ibu pada tahun 1908. Lalu pada tanggal 10 Mei di tahun yang sama, banyak keluarga yang telah berkumpul di Grafton, Virginia Barat yang merupakan kampung halaman Anna. Mengubah nama menjadi International Mothers Day Shrine seperti yang telah dikenal di Philadelphi yang meruapakan tempat Ann tinggal pada saat itu. Berkat hal ini, hari ibu semakin dikenal oleh negara yang lainnya.

    baca juga :

    Ini Dia Nih Deretan Hadiah Spesial yang Bisa Kamu Berikan Untuk Peringati Hari Ibu 22 Desember 2016 Besok !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here