Selama Musim Liburan Natal dan menjelang Tahun Baru, Truk Dilarang Lewat Tol !

0
803
ganjil genap
Copyrigt©Merdeka

Selama Musim Liburan Natal dan menjelang Tahun Baru, Truk Dilarang Lewat Tol !

Indowarta.com – Menjelang hari libur Natal dan Tahun Baru 2017, Kementerian Perhubungan regulasi pembatasan truk angkut barang untuk melintasi tol tertentu. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah adanya kemacetan akibat lonjakan volume kendaran.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto,menjelaskan pembatasan larangan truk sementara akan mulai diterapkan pada 23 Desember 2016 hingga 26 Desember 2016.

Dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang dinamis menjelang Natal telah tertib aturan yang mengatur pembatasan angkutan barang masa Natal 2016, kata Budiyanto.

Selama Musim Liburan Natal dan menjelang Tahun Baru, Truk Dilarang Lewat Tol !
Copyrigt©Republika Online

Dengan aturan truk dilarang lewat tol tersebut diharapkan dapat memberikan dampak atau kontribusi untuk kendaraan yang lain. Khususnya untuk penumpang baik pribadi atau umum yang memanfaatkan libur Natal 2016.

Budiyanto juga mengatakan, untuk mendukung pergerakan yang menggunakan kendaraan dimaksud untuk melaksanakan kegiatan keagamaan, hiburan, mudik dan balik, sehingga pergerakan lalu lintas dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Jenis kendaraan yang dikenakan pembatasan pengoperasian adalah kendaraan pengangkut barang dengan sumbu lebih dari dua dan kecuali kendaraan pengangkut Bahan Bakar Minyak dan Bahan Bakar Gas. Truk dilarang lewat tol dimulai pukul 00.00 WIB pada 23 Desember hingga 26 Desember 2016 pukul 00.00WIB.

Aturan itu akan diberlakukan di beberapa ruas tol, yakni :

  • Tol Merak-Cikupa-Kembangan-JORR W2
  • Tol Kembangan Jakarta_JORR W-Cikunir
  • Tol Cawang-Dawuan-Purbaleunyi
  • Tol Cawang-Cikarang Utama-Cikopo-Palimanan-Pejagan-Brebes Timur
  • Tol Cawang-Bogor-Ciawi

Untuk kendaraan yang sudah berada di ruas jalan tol pukul 00.00 WIB pada 23 Desember 2016, tetap dibolehkan untuk melanjutkan perjalannannya sampai keluar pintu tol terdekat. Prinsipnya yaitu truk dilarang lewat tol yang telah disebutkan tadi bila lebih dari dua sumbu.

Untuk para pengusaha diimbau untuk tidak menggunakan truk dua sumbu jika tetap ingin melewati ruas tol tersebut. namun, polisi yang memiliki kewenangan pengaturan lalu lintas di jalan yang akan memberlakukan diakresi bila jalan arteri mengalami kemacetan dan arus jalan tol lancar, polisi nantinya akan mengalihkan ke jalan tol. Kendaraan yang melanggar akan diberikan tindakan tegas.

Baca Juga Video Youtube Hot Siswa Siswi Tegal Berhijab ‘Main Kuda Kudaan’ Di Pinggir Pantai Larangan Ini Jadi Viral Sampai Ke FB !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here