Haul Gus Dur: Fondasi Utama yang Telah Diperjuangkan Beliau !

    0
    574
    Haul Gus Dur
    Copyrigt©klimg

    Haul Gus Dur: Fondasi Utama yang Telah Diperjuangkan Beliau !

    Indowarta.com– Kiai muda Maman Imanulhaq Faqieh mengenang sosok KH Abdurahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur ini sebagai tokoh yang gandrung membangun berbagai fondasi untuk tegaknya kebangsaan dan juga kemanusaiaan. Dirinya menyebutkan diantaranya fondasi demokrasi dan juga keadilan sosial sebagai salah satu yang utama.

    Maman menyebutkan bahwa Gus Dur menyebutkan demokrasi ini merupakan sistem yang terbaik dari berbagai sistem yang lainnya. Demokrasi ini masih merupakan pilihan terbaik untuk menentukan pemerintah yang kuar dan bersih walaupun demokrasi ini masih terdapat beberapa kekurangan.

    Kiai yang biasa disapa dengan nama Kang Maman ini mengatakan bahwa menurut Gus Dur satu hal yang masih belum bisa terwujud dari sistem demokrasi di Indonesia ini yakni keadilan sosial. dilihat berdasarkan fakta, dari dua kali Pemilu yang sudah dilaksanakan secara demokratis ini masih belum benar-benar mampu mewujudkan keadilan sosial. khususnya adalah dalam rangka pengentasan kemiskinan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Dalam hal ini, Gus Dur dalam beberapa kali kesempatan kerap menegaskan bahwa demokrasi ini tidak hanya berhenti pada tatanan prosedural saja. Demokrasi ini harus bisa mewujudkan kemaslahatan bagi masyarakat, khusunya adalah mereka yang paling lemah, papa, miskin dan juga tertindas.

    Haul Gus Dur
    Copyrigt©nu

    Salah satu dalil yang paling kerap dikumandangkan oleh Gus Dur ini yang berbunyi “Kebijakan seorang pemimpin terhadap rakyat yang dipimpin hendaknya mengacu pada prinsip kemaslahatan”. Oleh sebab itu, perjuangan dalam menegakkan demokrasi ini hakekatnya masih belum tuntas. Hal ini karena dimensi keadilan sosial masih belum bisa diwujudkan secara nyata dan juga maksimal oleh pemerintah.

    Kang Maman mengatakan “Oleh sebab itu, menyandingkan kembali antara demokrasi dan keadilan sosial merupakan cita-cita dan mimpi Gus Dur yang mesti dilanjutkan oleh para penerusnya”.

    Fondasi yang selanjutnya adalah pluralisme dan juga kebhinekaan. Bangsa ini sejak awal memang dibangun dengan kebhinekaan suku, agama dan juga bahasa. Kebhinekaan ini merupakan rahmat dari  Tuhan yang indah.

    baca juga :

    Tak Disangka, Om Telolet Om Jadi Trending Topic di Seluruh Dunia !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here