Berita Terkini: 4 Daerah Ini Jadi Prioritas Pengamanan Aksi teror !

0
478
Berita Terkini: 4 Daerah Ini Jadi Prioritas Pengamanan Aksi teror !
Copyrigt©Regional Kompas

4 Daerah Ini Jadi Prioritas Pengamanan Aksi teror !

Indowarta.com – Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi mengharapkan kondusivitas wilayahnya terjaga sehingga masyarakat yang melaksanakan kegiatan Natal dan Tahun Barumerasa aman dan nyaman. Menurutnya perayaan Natal dan Tahun Baru adalah momen untuk berlibur bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Mobilisasi masyarakat akan meningkat sehingga muncul titik konsentrasi di tempat tertentu.

Maka dari itu, personel akan disiagakan untuk mencegah aksi teror di lokasi tersebut. seperti yang telah dikatakan Erry, peningkatan aktivitas harus diantisipasi oleh aparat keamanan. Maka dari itu pihaknya menggelar operasi lilin selama 10 hari mukai hari ini.

Operasi Lilin 2016 itu mengerahkan sekitar 85.744 personel Polri, 15.096 personel TNI, 55.130 personel gabungan dari SatpolPP, Dinkes, Dishub, Pramuka serta Jasa Raharja. Para personel tersebut nantinya akan ditempatkan di 1.609 pos pengamanan dan 634 pos pelayanan.

Berita Terkini: 4 Daerah Ini Jadi Prioritas Pengamanan Aksi teror !
Copyrigt©Suara

Gubernur Sumut itu berharap operasi lilin ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak nyata dari pelayanan yang telah diberikan.  Dia meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusivitas Sumut.

Untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru, Kapolda Sumut Ir Pol Ryco Amelza Dahniel akan menurunkan sekitar 10.000 personel. Dan daerah yang menjadi prioritas keamanannya yaitu Kota Medan. Disusul beberpa daerah seperti Tanjung Balai, Tapsel dan Simalungun.

Sebelumnya, Kapolda Sumut telah mendatangi tiga gereja di Medan untuk memastikan persiapan pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan lancar. Ketiga gereja itu adalah Gereja Kathedral di Jalan Pemuda Medan, Gereja GPIB Imanuel  di Jalan Diponegoro, dan Gereja HKBP di Jalan Sudirman Medan.

Pengamanan juga dilakukan karena sering terjadinya aksi teror dalam perayaan-perayaan seperti ini. mengngat beberapa waktu lalu Densus 88  Mabes Polri mengamankan terduga aksi teror di Desa Ajibaho, Kecamatan Birubiru, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara yang kemarin sudah dibernangkatkan ke Jakarta.

Kasus penangkapan  Sy (27) terduka pelaku aksi teror ini kasusnya masih didalami. Irjen Ryco mengatakan bahwa pihaknya akan mendeteksi dan melakukan upaya-upaya penyelidikan sampai dengan upaya pencegahan yang  maksimal.

Baca Juga Berita Terkini: Polres Jaksel Kerahkan 1700 Personil Amankan Natal Dan Tahun Baru !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here