Berita Terkini: MA Setujui Lokasi Sidang Ahok Pindah Ke Gedung Kementerian Pertanian Jaksel !

0
954
Berita Terkini: MA Setujui Lokasi Sidang Ahok Pindah Ke Gedung Kementrian Pertanian Jaksel !
Copyrigt©Kompas

MA Setujui Lokasi Sidang Ahok Pindah Ke Gedung Kementerian Pertanian Jaksel !

Indowarta.com – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mochammad Iriawan, meminta ketua MA, Hatta Ali memindahkan lokasi sidang Ahok. Hal itu karena faktor keamanan dan arus lalu lintas di lokasi, Iriawan meminta sidang dipindahkan ke wilayah Jakarta Selatan.

Permintaan itu secara langsung disampaikan oleh Iriawan data dirinya bertemu dengan Haltta Ali di sebuah hotel di daerah Bandara Soekarno-Hatta, tangerang. Dia menjelaskan, ada dua pilihan tempat sidang kasus penistaan agama ini.

Pilihan pertama yaitu di gedung depan SMA28 dan auditorium Kementrian Pertanian. Sidang pak Harto dan Abu Bakar Baasyir juga pernah dilakukan disana. Setelah menyampaikan permintaannya itu, dia mengklaim bahwa Hatta Ali menyetujui pemindahan itu atas dasar keamanan.

Berita Terkini: MA Setujui Lokasi Sidang Ahok Pindah Ke Gedung Kementrian Pertanian Jaksel !
Copyright ©CNN indonesia

Mahkamah Agung membenarkan terkait pemindahan sidang Ahok terkit kasus dugaan penistaan agama. Sidang akan digelar di Gedung Pertanian, Jakarta Selatan. Seperti yang telah diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Ridwan Mansyur pemindahan tersebut telah disetujui berdasarkan SK Ketua MA no.221/KMA/SK/2016 atas permohonan dari Kajati DKI dan Kapolda.

Setelah mempertimbangkan dan membaca surat permohonan serta alasan dari Kajati DKI dengan alasan ruangan yang kurang luas dan faktor keamanan. Ridwan mengungkapkan alasan pemindaham sidang Ahok yang sebelumnya di PN Jakut untuk menampung pengunjung sidang dan menjamin pihak keamanan dapat menjamin persidangan dari gangguan Kamtibmas.

SK tersebut telah ditandatangani oleh MA Hatta Ali pada 22 Desember 2016 kemarin. Pemindahan tempat sidang adalah hal yang biasa dilingkungan peradilan.

Pemindahan ini diminta karena lokasi sidang Ahok di eks Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Gajah Mada dinilai kurang aman. Sidang tersebut akan dilanjutkan pada Selasa 27 Desember 2016 pekan depan.

Pada sidang perdananya, Jaksa telah mendakwa Ahok dengan dakwaan alternatif antara pasal 156 a KUHP atau pasal 156 KUHP. JPU menilai Ahok telah melakukan penodaan terhadap agama dan menghina para ulama serta umat Islam.

Disetiap persidangannya sering didatangi oleh dua kelompok yaitu ada yang pro dan kontra. Kelompok massa itu datang dengan jumlah yang tidak sedikit. Sehingga memenuhi ruang sidang hingga kejalan di depan pengadilan.

Baca Juga Aksi Bela Islam Tiga Kali dan Sidang Kopi Sianida Jadi Trending Topik paling Rama Di Media Sosial Sepanjang 2016 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here