Berita Terkini: Mulai Tengah Malam Ini, Truk Dilarang lewati Jembatan Cisomang Cipularang !

0
920
Berita Terkini: Mulai Tengah Malam Ini, Truk Dilarang lewati Jembatan Cisomang Cipularang !
Copyrigt©Setkab

Mulai Tengah Malam Ini, Truk Dilarang lewati Jembatan Cisomang Cipularang !

Indowarta.com – Pilar kedua Jembatan Cisomang yang ada di Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi di Km 100+700 mengalami deformasi (pergeseran) melibihi batas izin yang disyaratkan. Untuk mengambil langkah pencegahan maka dilakukan pengalihan arus lalu lintas untuk membatasi beban arus lalu lintas di jembatan tersebut.

Dirjen Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Ketua Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, PT Jasa marga telah melakukan monitoring dan evaluasi secara regular terhadap struktur beberapa jembatan bentang panjang di Indonesia. Salah satu jembatan yang sedang di monitoring dan evaluasi adalah Jembatan Cisomang.

Dari evaluasi yang telah dilakukan diperoleh hasil  bahwa telah terjadi pergeseran pada pilar kedua yang sudah melebihi batas izin ang disayaratkan. Meskipun begitu jembatan masih dalam ambang batas aman.

Berita Terkini: Mulai Tengah Malam Ini, Truk Dilarang lewati Jembatan Cisomang Cipularang !
Copyrigt©Merdeka

Berdasarkan kondisi tersebut, KKJTJ melaporkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakat bahwa diperlukan evaluasi menyeluruh terhadap keaman jembatan. Dengan pertimbangan tersebut Menteri PUPR menyetujui saran KKJTJ untuk membatasi beban lalu lintas yang di izinkan melalui jembatan Cisomang.

Sebagai tindak lanjut, DIrektur Jendral Bina Marga Kementerian PUPR meminta kepada PT. Jasa Marga selaku operator jalan tol untuk segera menerapkan pembatasan lalu lintas di jembatan Cisomang tersebut. sehingga hanya kendaraan Golongan I yang bisa melaluinya. Sementara golongan yang lainnya dialihkan ke jalur yang lain.

Untuk diketahui, kendaraan golongan I adalah Sedan, Pick up, jip, dan bus, sementara untuk holongan II,III,IV dan V adalah truk yang mempunyai 2 hingga 5 gandar.

Pembatasan lalu lintas di Jembatan Cisomang diberlakukan mulai Jumat, 23 Desember 2016 pukul 00.00 WIB sampai tiga bulan. Dan akan dievaluasi kembali secara periodik. Saat ini tengah dilakukan analisis desain dan penanganan jembatan oleh PT. Jasa Marga.

BPJT dan Pt. Jasa Marga telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian RI, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan instasi terkait lainnya dalam pengaturan lalu lintas agar pembatasan lalu lintas di Jembatan Cisomang tidak menimbulkan kemacetan yang berlebihan.

Baca Juga Berita Terkini: Aiptu Sutisna Cabut Laporan, Dora Natalia Minta Maaf !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here