Kenang Toleransi Ala Gus Dur dalam Suasana Natal !

0
2440
Natal
Copyrigt©cyberdakwah

Kenang Toleransi Ala Gus Dur dalam Suasana Natal !

Indowarta.com– Para umat Kristiani di dunia akan melaksanakan Natal. Hal ini juga akan terjadi pada umat Kristiani yang berada di Indonesia. Gereja dengan penuh hiasan juga telah menyambut perayaan Natal ini. Bahkan ada juga umat Kristiani yang telah merayakan hari Natal ini sebelum pada malam puncak yakni tanggal 25 Desember 2016.

Umat Kristiani pun menyambut dengan suka cita perayaan Natal ini. Dalam perayaan Natal ini, pemerintah telah memberikan jaminan keamanan bagi para umat Kristiani.

Isu konflik yang melibatkan antaragama atau bahkan keyakinan agama itu sendiri telah menghiasi Indonesia menjelang perayaan hari Natal atau tepatnya pada beberapa bulan yang lalu. Tentu saja hal ini telah mengusik kemajemukan masyarakat Indonesia yang selama ini telah menjadi kekuatan tersendiri bagi Bangsa Indonesia.

Natal
Copyrigt©klimg

Namun hal ini kita patut bersyukur karena konflik yang terjadi ini tidak menimbulkan dampak yang sangat parah  dan bisa diselesaikan oleh pemeluk agama masing-masing di Tanah Air. Kita memang patut bersyukur karena ditengah konflik yang terjadi ini, kita masih bisa mengembalikan situasi normal kembali, salilng menghormati dan juga menghargai. Karena memang dengan cara ini hidup berbangsa ini akan bisa berlangsung dengan rukun.

Tadi malam ini telah berlangsung peringatan tujuh tahun wafatnya Presiden RI yang ke 4 yakni Abdurahman Wahid atau yang sering kita sapa dengan nama Gus Dur. Tentu saja nama Gus Dur ini sangat melekat di kehidupan masyarakat karena menginginkan kehidupan yang harmonis dalam beragama.

Gus Dur adalah salah satu orang yang mendongkrak keberagamaan dan juga toleransi. Bahkan tradisi anggota Banser yang menjaga gereja pada saat perayaan Natal ini merupakan perintah dari Gus Dur pada tahun 1996. Bagi Gus Dur, menjaga gereja pada saat Natal ini sama dengan menjaga Indonesia.

Hal itu berarti penjagaan yang dilakukan oleh Banser ini bukan hanya semata menjaga perayaan Natal saja, tapi juga menjaga keamanan di Indonesia ini. Itulah salah satu pemikiran keberagamaan dan juga toleran yang ditunjukan oleh Gus Dur yang hingga saat ini masih terus dilakukan oleh para Banser.

baca juga :

Haul Gus Dur: Fondasi Utama yang Telah Diperjuangkan Beliau !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here