Berita Terkini: Frans Kaisiepo Dihina Netizen di FB, Padahal Pencetus Istilah IRIAN !

0
2115
frans kaisiepo
Copyrigt©facebook

Inilah Kiprah Frans Kaisiepo Pada Republik Indonesia!

Indowarta.com– Sosok gambar pahlawan Frans Kaisiepo yang terdapat dalam pecahan uang kertas Rp 10.000,00 menuai kritikan keras dari para pengguna facebook atau FB.

Berawal dari postingan akun Fb Ummi Fatimah Az- zahra ‘Tebak gambar, hayo siapa nama pahlawan ini kira2 apa jasa beliau?’. Postingan akun Ummi Fatimah tersebut disertai dengan gambar pecahan uang rupiah kertas Rp 10.000,00.

Miris memang. Pengguna Fb lainnya pun mengomentari dengan kritikan tak sepatutnya. Misalnya yang diutarakan oleh akun Fb Eqi Romansa ‘Bapaknya Ahok, Pahlawan komunis.’ Kritikan senada juga dilontarkan akun Fb M Mustajab Karsani ‘Ngga Kenal.. dari mulai SD samapi sekarang belajar kagak tahu. Mungkin karena sejarah dah dilupakan oleh rezim ini. maka siapapun yang mo mereka angkat unt jadi pahlawan rakyat ngga peduli….

Dipertanyakannya siapa Frans Kaisiepo, Arie Kriting seorang komika dari Timur angkat bicara. Melalui akun twitternya @Arie_Kriting ia menyampaikan pendapatnya. ‘sekalinya ada Pahlawan Nasional dari Tanah Papua yang diabadikan dalam pecahan rupiahm begini sambutan orang- orang ini. memalukan… Cuma mau nilai orang dari fisik, agama, dan suku saja. Tapi nanti kalai kita bersuara, kalian bilang jangan bawa- bawa SARA. Maunya apa? Banyak yang tidak tahu Frans Kaisiepo, ya karena memang kamu tidak mau tahu tenatng Papua. Giliran bersuara, langsung kasih cap Separatis.

frans kaisiepo
Copyrigt©twitter

Nah bagi yang belum tahu tentang Frans Kaisiepo, yuk kenal dekat dengan Pahlawan Nasional ini. Frans Kaisiepo adalah pria kel;ahiran 10 Oktober 1921. Lahir di Kota Biak, Papua, Hindia Belanda. Masa kecilnya penuh dengan kehidupan Kolonial Belanda di Tanah Kelahirannya itu.

Beliau aktif dalam organisasi Kursus Pamong Praja di Jayapura, tepatnya ketika Perang Dunia 2 Berlangsung. Saat itu ia berkenalan dengan Mantan Guru Taman Siswa Yogya, Soegoro Atmoprasodjo.

Hingga akhirnya Frans Kaisiepo ikut berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Ia menjadi Envoy Republik dari Papua usai proklamasi kemerdekaan. Dengan memastikan bahwa Papua adalah bagian dari RI. Yang mana dia mencetuskan kata IRIAN, yang artinya Ikut Republik Indonesia Anti Netherland.

baca juga :

Berita Terkini: Dwi Estiningsih Bakal Dibawa Ke Jakarta Jika Terbukti Melanggar Hukum !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here