Berita Terkini: Gempa Bumi 3,7 SR Guncang Bima Usai Bencana Banjir !

0
1608
Gempa bumi
Copyright ©Okezone

Warga Bima Diminta Tenang Terkait Isu Gempa Bumi Susulan dan Berpotensi Tsunami !

Indowarta.comgempa bumi guncang wilayah Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini 25 Desember 2016. Gempa jenis tektonik berskala 3,7 SR ini sempat membuat warga panik.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto mengatakan BMKG mengeluarkan hasil analisnya yakni gempa berkekuatan 2,7 SR terjadi pada pukul 14.23 WITA. Gempa bumi ini berpusat di koordinat 8,28 Lintas Selatan (LS) dan 119,04 Bujur Timur (BT). Dengan kedalaman episentrum 10 kilometer.

Dikutip dari Pernyataan Agus Riyanto “dampak gempa bumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Bima dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (II-III-MMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang”

Berdasarkan pusat kedalaman, gempa tektonik ini termasuk dalam gempa bumi dangkal. Yang terjadi akibat adanya aktivitas sesar naik belakang busur (back arc thrust).

Beruntungnya gempa yang mengguncang Bima ini tidak terjadi aktivitas gempa susulan. Agus meminta warga di Kota Bima dan sekitarnya agar tetap tenang. Mereka juga diminta untuk tidak mucah terpancing adanya isu gempa susulan apalagi adanya aktivitas tsunami. Atas fenomena alam, warga diminta terus mengikuti arahan dari BPBD dan BMKG.

Sementara itu, Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG mengatakan saat ini banyak warga yang masih berada di tempat pengungsian akibat banjir.

Berita terkini: Lagi.. Gempa Bumi Guncang NTT 3,1 SR Setelah 3,4 SR - Tasikmalaya Digetarkan 2,8 SR Terasa hingga Jakarta !!

Di tempat yang berbeda, Yayasan Peduli Pesantren (YPP) dan Pengurus Nahdlatul Ulama memberikan bantuan ke pondok pesantren di Pidie Jaya, Aceh. Dimana mayoritas penduduknya terdampak gempa pada 7 Desember 2016 kemarin.

Bencana alam tersebut telah merusak ratusan bangunan. Lebih dari 100 jiwa tewas akibat gempa berskala 6,5 SR ini.

Berikut ini beberapa Ponpes yang menerima bantuan dari YPP. Pesantren tautiatut Tarbiya, Pesantren Ummum Ayman, Masjid Attaqarrub, Pesantren Asjadi Darus Saadah, Pesantren Mudi Mesa.

Salah satu pengasuh Yayasan Ummul Aiyman mengatakan rasa syukurnya telah mendapat bantuan. Hingga hari ini sejumlah santri masih trauma. Tapi mereka masih bersemangat dalam menjalankan rutinitas di pesantren.

baca juga :

Berita Terkini: Gempa Bumi Guncang  Sigli 4,5 SR Usai Gempa Pidie Jaya 5 SR Malam Ini !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here