Berita Terkini: Gempa Besar 7.7 SR Landa Chile, Potensi Tsunami Sudah Dikeluarkan !

0
669
Gempa
Copyright©Republika

Gempa Besar 7.7 SR Landa Chile, Potensi Tsunami Sudah Dikeluarkan !

Indowarta.com – Gempa bumi kuat terjadi di Chile Selatan pada Minggu 25 Desember 2016, yang mendorong pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami. Geological Survey Amerika mengatakan bahwa gempa Chile tersebut berkekuatan 7,7 SR dan berpusat 40 kilometer sebelah barat daya Puerto Quellon di pantai selatan Chile yang tidak banyak penduduknya.

Gempa Chile tersebut terjadi pada pukul 11.22 pagi waktu setempat atau pukul 14.22 waktu Greenwich. Pihak berwenang Amerika dan Chile telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk daerah-daerah dalam jarak 1000 kilometer dari pusat terjadinya gempa.

Kepala Kantor Darurat Nasional Chile (ONEMI) Ricardo Toro meminta warga Los Lagos untuk segera meninggalkan pantai dan pergi ke zona aman. Ada sekitar empat ribu orang telah dievakuasi. ONEMI belum menerima laporan adanya korban jiwa atau luka-luka akibat gempa Chile ini.

Berita Terkini: gempa Besar 7.7 SR Landa Chile, Potensi Tsunami Sudah Dikeluarkan !
Copyrigt©VOA Indonesia

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa bumi tersebut menimbulkan ancaman tsunami lokal di sekitar pusat gempa. Tetapi hal itu tidak berdampak hingga wilayah Indonesia. maka dari iu masyarakat pesisir di wilayah Indonesia diimbau agar tetap tenang.

Chile memiliki sejarah panjang gempa yang mematikan, termasuk gempa dngan kekuatan 8,8 SR pada 2010 lalu di lepas pantai selatan-tengah. Gempa tersebut juga memicu tsunami yang menghancurkan kota-kota pesisir.

Ini merupakan gempa ketiga pada bulan ini berkekuatan 7,7 SR atau lebih ditepi Pasific yang rawan gempa, yang kadang-kadang juga disebut “Lingkaran Api”. Sebelumnya gempa bumi 7,8 SR tercatat di lepas pantai Kepilauan Solomon pada 8 Desember dan gempa dengan kekuatan 7,9 SR pada 17 Desember di Papua Nugini.

Sebagai informasi, baik Indonesia maupun Chile meruoakan Negara-negara yang rawan aktivitas vulkanik di sekitar Samudra Pasifik. Gempa bumi Chile ini terjadi pada area rekahan (repture) gempa Valdivia pada 1960 silam, yang berkekuatan 9,5 SR. itu termasuk gempa terdahsyat yang pernah tercatat dalam sejarah.

Selain menewaskan ribuan orang, gempa Valdivia yang terjadi pada 1960 silam juga memicu tsunami dahsyat yang menerjang kawasan Pasifik seperti Chile, Hawai, Jepang, Filipina, Selandia Baru, Australia Timur dan Kepulauan Aleutian.

Baca Juga Begini Kronologi Pesawat Libya Dibajak Hingga Mendarat Sampai penumpang Dibebaskan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here