Berita Terkini: Aturan Ganjil Genap Tak Diberlakukan Hari Ini, Sampai Kapan?

0
596
sistema ganjil genap

Aturan Ganjil Genap Tak Berlaku Hari Ini Karena Masih Libur Bersama !

indowarta.comAturan ganjil genap tidak tidak berlaku hari ini di jalan protokol Ibu Kota Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Polda Metro Jaya. Dengan alasan hari ini Senin 26 Desember 2016 adalah hari libur bersama.

Melalui akun twitternya @TMCPoldaMetro Traffic Management Center Polda Metro Jaya mengatakan “untuk penerapan Ganjil Genap (Gage) Hari ini tidak berlaku karena masih libur bersama”.

Aturan ganjil genap ini akan berlaku mulai dari hari senin hingga Jumat. Pukul 07.00 – 10.00 WIB dan 16.00 – 20.00 WIB. Namun aturan ganjil genap tersebut tidak berlaku pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional.

Pengecualian kendaraan yang tidak terkena aturan ganjil genap misalnya mobil dinas Presiden RI, wakil Presiden RI, pejabat lembaga tinggi negara dengan pelat RI dan kendaraan pengawalnya.

sistem pelat nomor ganjil genap

Selain mobil dari dinas instansi pemerintah, berikut ini kendaraan yang tidak dikenai aturan ganjil genap.

  1. Mobil pemadam kebakaran
  2. Mobil ambulans
  3. Mobil angkutan umum (pelat kuning)
  4. Angkutan barang
  5. Sepeda motor
  6. Mobil barang jika tidak melanggar waktu izin melintas.

Aturan ganjil genap ini telah disosialisasikan oleh Dinas perhubungan DKI Jakarta dan polda Metro Jaya sejak 28 Juni – 26 Juli 2016 lalu.

Meski sudah 5 bulan berjalan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meminta agar Dishub mengkaji ulang aturan ganjil genap ini. AKBP Budiyanto selaku Kasubdit Bin Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya menyatakan kajian yang dilakukan secara berkala ini untuk melihat seberapa efektif aturan yang diterapkan selama ini.

Berdasarkan hasil kajian September kemarin, Budiyanto mengatakan adanya pengurangan waktu tempuh di ruas yang berlaku kebijakan ganjil genap. Kajian ini dilakukan juga karena kebijakan tersebut adalah proses transisi sebelum adanya implementasi electronic road pricing (ERP).

Pada akhirnya kebijakan yang diterapkan saat ini akan berujung pada ERP. Karena ERP iniah yang dirasa paling efektif. Sebelum adanya three in one dan aturan ganjil genap.

baca juga :

Berita Terkini : Dinilai Efektif, Aturan Ganjil Genap Akan Segera Dilanjutkan ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here