Berita Terkini: Pasca Gempa Chile 5 Ribu Orang Lebih Mengungsi Akibat Jalanan Terbelah!

0
436
gempa-chile
Copyrigt©kompas

Gempa Chile Membuat Warga Berlarian Jalan Kaki Mengamankan Diri !

Indowarta.comGempa Chile telah mengguncang sebagian wilayah selatan negara bagian Amerika. Guncangan 7,6 SR ini membuat warga di daerah tersebut terpaksa mengungsi.

Warga sempat panik. Mereka yang saat itu akan merayakan Natal harus berlarian meninggalkan rumah dengan berjalan kaki. Beberapa orang menumpang mobil. Ada pula yang menunggang kuda.

Warga yang terdampak Gempa Chile ini mencari tempat yang lebih tinggi. Saat itu pula hujan lebat melanda. Sirene tanda adanya potensi tsunami sempat terdengar.

Salah seorang warga Quellon mengaku saat itu gempa tiba- tiba mengguncang. Padahal mereka baru saja akan merayakan Natal di pedesaan. Hingga akhirnya saat Gempa Chile terjadi mereka berlarian keluar rumah.

Wanita 46 tahun itu mengaku sangat takut. Pasalnya baru itu gempa Chile yang menurutnya sangat dahsyat. Hingga bencana tersebut membuat arus listrik terputus, jalanan rusak. Namun hingga kini belum ada laporan korban jiwa.

Berita Terkini: gempa Besar 7.7 SR Landa Chile, Potensi Tsunami Sudah Dikeluarkan !
Copyrigt©VOA Indonesia

Peringatan tsunami telah dibatalkan. Meski demikian warga diminta tetap waspada. Kantor Darurat Nasional Chile (ONEMI) membatalkan perintah evakuasi dan tsunami usai 3 jam dari guncangan. Akhirnya sebanyak 5.000 orang kembali ke rumah mereka.

Walaupun sedang diperbaiki, namun salah satu jembatan yang rusak di daerah tersebut sudah bisa dilalui. Petugas sedang memulihkan listrik di 21.000 rumah.

Selain gempa Chile, guncangan juga dirasakan di pegunungan Andes di argentina. Akibatnya terjadi kerusakan struktural di daerah tersebut. Beruntungnya tak ada rumah yang rusak.

Gemap Chile yang diikuti gempa susulan hingga berpuluh kali menyebabkan jalan raya rusak di Chiloe Island. Sehingga lalu lintas ditutup di jalur sebelahnya. Hal itu juga berlaku di jalan- jalan kecil lainnya dan jembatan.

Gempa susulan yang terjadi berkekuatan lebih rendah dari gempa awal. Namun beberapa TV lokal mengabarkana danya kerusakan sejumlah rumah di Quellon dan di daerah dekatnya.

Hingga kini Gempa Chile mempunyai sejarah panjang. Seperti tahun 2010 terjadi guncangan 8,8 SR hingga tsunami.

baca juga :

Berita Terkini: Gempa Besar 7.7 SR Landa Chile, Potensi Tsunami Sudah Dikeluarkan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here