Berita Terkini: Uang Baru yang Diedarkan Oleh BI Saat Ini Ternyata Berlapis 12 Pengaman Lho !

0
1650
Logo Dalam Uang Baru Bukanlah Gambar Palu Dan Arit !
Copyrigt©enter bogor

Uang Baru yang Diedarkan Oleh BI Saat Ini Ternyata Berlapis 12 Pengaman Lho !

Indowarta.com – Uang rupiah NKRI tahun emisi 2016 diam-diam berlapis 12 jenis pengaman. Uang baru yang menampilkan 12 pahlawan nasional yang terdiri dari 7 uang kertas dan 4 uang logam ini memiliki aspek pengamanan khusus.

Tidak tanggung-tanggung, Gubernur BI Agus DW Martowardojo telah memastikan pengamanan uang rupiah baru tersebut salah satu terbaik di dunia. Agus mengatakan, salah satu yang terbaik di dunia. Ini pengamanan bisa 12 tipe pengamanan untuk uang Rp 100.000.

Agus mengatakan, bahwa pengamanan uang rupiah baru itu mencakup lima unsur. Pengamanan uang kertas termasuk diantaranya dari aspek benang, warna, dan ultraviolet. Bank sentral pun telah melakukan sosialisasi terkait dengan ciri-ciri keaslian uang baru dan pengamanan uang rupiah.

Berita Terkini: Uang Baru yang Diedarkan Oleh BI Saat Ini Ternyata Berlapis 12 Pengaman Lho !
Copyrigt©Radar Cirebon

Agus mengungkapkan kalau aspek pengenalan uang tersebut yaitu 3D atau dilihat, diraba, dan diterawang. BI telah meluncurkan dan secara resmi mengeluarkan uang rupiah baru tahun emisi 2016 pada Senin (19/12/2016).

Acara peluncuran uang baru itu dihadiri oleh Presiden Jokowi, jajaran menteri, dan keluarga serta ahli waris 12 orang pahlawan nasional yang telah diabadikan sebagai gambar muka pada uang baru tersebut.

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi memerintahkan BI meningkatkan sistem pengamanan pada uang rupiah. Jokowi juga mengatakan, teknologi pengamanan pada uang rupiah jangan sampai kalah dengan para pemalsu.

Selain itu Presiden juga berpesan agar BI memperhatikan betul ketersediaan uang rupiah di penjuru Indonesia termasuk pelosok. Karena rupiah adalah ciri khas dan identitas Indonesia. maka semua diharapkan dapat menjaga martabat dan kedaulatan rupiah di NKRI dan di dunia.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul juga berharap, dengan adanya desain baru ini, kejahatan pemalsuan uang dapat ditekan.

Setidaknya ada 12 ciri khas pada desain uang baru tahun emisi 2016 ini lebih sulit untuk dipalsukan. Selain pada gambar, perubahan dalam uang baru yaitu tanda air yang menandakan bahwa uang tersebut asli.

Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat menyebutkan meskipun ada uang baru, uang rupiah yang ada saat ini masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Baca Juga Berita Terkini: Lokasi Baru Sidang Ahok Sudah Disterilkan Oleh Polisi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here