Berita Terkini: Kenang 12 Tahun Tsunami Aceh, Gubernur dan Ribuan Warga Ziarah di Kuburan Massal !

0
830
Copyrigt©Hallo Indo

Kenang 12 Tahun Tsunami Aceh, Gubernur dan Ribuan Warga Ziarah di Kuburan Massal !

Indowarta.com – Ribuan warga Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, menggelas peringatan 12 tahun tsunami Aceh, dengan melakukan zikir dan berziarah ke kuburan massal. Warga sengaja datang dari beberapa desa untuk mengenang keluarganya yang menjadi korban tsunami.

Tampak juga Plt Gubernur Aceh, Mayjen TNI (Purn) Soedarmono didampingi dengan pejabat Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA). Soedarmo tiba dilokasi pukul 08.00 WIB bersama dengan sang istri, dirinya langsung bergabung dengan warga melakukan zikir bersama.

Setelah zikir, Soedarmo, beserta sejumlah pejabat lainnya menabur bunga dilokasi pertama dikuburan jenazah korban tsunami Aceh. Warga yang lainnya juga ikut menabur bunga dan larut dalam doa serta isak tangis kesedihan mengenang tragedy bencana tsunami 12 tahun yang lalu.

Berita Terkini: Kenang 12 Tahun Tsunami Aceh, Gubernur dan Ribuan Warga Ziarah di Kuburan Massal !
Copyrigt©Okezone

Bencana tsunami Aceh terjadi pada 26 Desember 2004 lalu. Salah satu bencana terdahsyat di dunia ini telah memakan korban jiwa hingga mencapai 280 ribu jiwadan semua bangunan rata dengan tanah di Banda Aceh.

Soedarmo mengatakan, adapun tujuannya memperingati peristiwa gempa bumi dan tsunami ini bukan bermaksud untuk membuka kembali kesedihan dan luka lama, melainkan untuk membangkitkan semangat agar lebih meningkatkan keimanan kepada sang pencipta.

Selain itu juga bertujuan untuk menyadarkan semua pihak agar lebih peduli pada lingkungan dan senantiasa untuk meningkatkan pengetahuan tentang kebencanaan.

Soedarmo juga berharap, mudah-mudahan momentum peringatan tsunami ini mendorong agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana seperti tema peringatan tsunami kali ini yaitu, ‘Majukan Negeri, dan Budaya Siaga Bencana di Masyarakat.

Sementara itu imam Masjid Baiturrahim, Ulee Lheue, Tgk Bukhari mengatakan bahwa dikuburan masal itu ada 14.264 jasad yang disemayamkan secara massal. Sebelumnya dilokasi seluas 1 hektare itu berdiri sebuah rumah sakit Meuraxa, Banda Aceh.

Sejak pagi masyarakat ramai berziarah ke kuburan massal. Masyarakat duduk bersila di kuburan sambil membacakan surah Yasin. Tampak beberapa warga yang tidak kuasa menahan air mata saat mendoakan sanak keluarga mereka.

Setiap sisi kuburan terlihat dipadati warga. Mereka berziarah sebelum mengikuti upacara peringatan tsunami Aceh yang dipusatkan di Masjid Baiturrahim Elee Lheue, Banda Aceh.

Baca Juga Mengenang Kembali Moment Ajaib Dibalik Tsunami Aceh 26 Desember 12 Tahun Lalu ! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here