Berita Terkini: Hakim Akan Bacakan Putusan dalam Sidang Ahok Hari Ini?

0
3568
Berita Terkini: Menanti Ketok Palu Hakim Dalam Sidang Penolakan/Penerimaan Eksepsi Ahok Hari Ini !
Copyrigt©Bintang

Hakim Akan Bacakan Putusan dalam Sidang Ahok Hari Ini?

Indowarta.com – Persidangan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan dilanjutkan pada Selasa (27/12/2016) dengan agenda pembacaan putusan sela oleh majelis hakim. Seperti yang telah dikatakan oleh Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarso dalam sidang Ahok pekan lalu, untuk sidang putusan akan pihaknya tunda pada Selasa, 27 Desember.

Sidang Ahok yang ketiga ini akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, di jalan Gajah Mada, atau bekas PN Jakarta Pusat. Selasa  (13/12/2016) lalu , Ahok sudah mengajukan nota keberatan dan juga eksepsinya.

Dalam eksepsi tersebut, Ahok menyampaikan bahwa dirinya tidak berniat untuk menistakan agama dalam kunjungannya ke Kepulauan Seribu. Dia juga meminta agar dakwaan dari jaksa dibatalkan. Selain itu tim kuasa hukum dari Ahok juga membacakan eksepsi yang mereka ajukan.

WAJIB BACA :  Saipul Jamil Dapatkan Remisi, Ahok Kok Tidak?
Berita Terkini: Hakim Akan Bacakan Putusan dalam Sidang Ahok Hari Ini?
Copyright©CNN indonesia

Kemudian pada Selasa pekan lalu (20/12/2016), jaksa penuntut umum menanggapi eksepsi yang disampaikan oleh Ahok serta kuasa hukumnya. Tetapi jaksa meminta kepada hakim untuk menolak eksepsi yang telah diajukan oleh Ahok dan kuasa hukumnya.

Lalu,jaksa meminta kepada hakim menyatakan bahwa surat dakwaan yang telah mereka susun sah secara hukum. Jaksa juga meminta hakim untuk menetapkan pemeriksaan terdakwa Ahok untuk dilanjutkan.

Apabila hakim menerima eksepsi yang diajukan Ahok dan kuasa hukumnya, maka sidang Ahok terkait kasus dugaan penistaan agamaini akan dihentikan. Namun apabila hakim menolak, persidangan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan para saksi.

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan dua ini didakwa dengan dakwaan alternatif antara Pasal 156a KUHP atau Pasal 156 KUHP. Jaksa menilai bahwa Ahok telah melakukkaan penistaan terhadap agama dan menghina para ulama dan umat Islam.

WAJIB BACA :  Saipul Jamil Dapatkan Remisi, Ahok Kok Tidak?

Sidang Ahok hari ini, terdakwa akan mendengarkan putusan sela yang  dibacakan oleh Majelis Hakim untuk menentukan apakah perkara ini akan dilanjutkan atau justru dihentikan. Terkait dengan persidangan hari ini, tim penasihat Ahok mengaku menyerahan seluruhnya kepada majelis hakim yang akan memberikan putusan.

Meski demikian, mereka tetap optimis bahwa eksepsi mereka atas dakwaan yang disusun JPU pada Ahok akan diterima, sehingga nantinya majelis hakim akan menghentikan perkara.

Baca Juga Berita Terkini: Ahok Pasrah Menjelang Sidang Ketiga Besok !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here