Berita Terkini: Gempa 4.9 SR Guncang Aceh Dini Hari Tadi, Belum Ada Tanda-tanda Gempa Susulan!

    0
    809
    gempa magnitudo Ternate

    Berita Terkini: Gempa 4.9 SR Guncang Aceh Dini Hari Tadi, Belum Ada Tanda-tanda Gempa Susulan!

    Indowarta.com– Aceh kini telah diguncang oleh gempa tektonik 4,9 skala richter pada hari Selasa dini hari. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis gempa tektonik dengan kekuatan 4,9 SR terjadi sekitar pukul 01.24 WIB. Episenternya terletak pada koordinat 4.08 lintang Utara – 93.581 Bujur Timur (BT).

    Gempa Aceh itu memilliki kedalaman 19 km di 38 km sebelah Barat Daya Meulaboh, Aceh Barat. Gempa kali ini terasa hingga ke ibu kota Provinsi Aceh dan juga sekitarnya. Sudah tidak dipastikan bahwa gempa yang mengguncang Aceh ini tidak berpontensi tsunami.

    Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang Siswanto mengatakan “Kita mengimbau kepada masyarakat tidak resah terhadap gempa tadi dan selalu dalam keadaan waspada terhadap potensi Gempa Aceh susulan”. Lebih lanjut lagi Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang telah meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah termakan oleh berita yang masih belum pasti benar dari pihak yang tidak bertanggungjawab. Siswanto mengatakan “Jika terjadinya gempa dan isu yang tidak jelas sumbernya bisa menghubungi kantor BMKG terdekat”.

    Berita Terkini: gempa Besar 7.7 SR Landa Chile, Potensi Tsunami Sudah Dikeluarkan !
    Copyright©Republika

    Siswanto menjelaskan bahwa ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi yang dangkal. Hal ini karena akibat dari aktivitas tektonik dari subduksi. Subduksi yang dimaksud ini adalah Lempeng Indonesia – Australisa ke bawah Lempeng Eurasia.

    Dalam hal ini, lempeng Indonesia Australia ini telah bergerak menyusup ke bawah Lempeng Eurasia. Hasil dari monitoring BMKG hingga pukul 02.00 WIB ini masih belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

    Oleh sebab itu, pihaknya juga telah memberikan himbauan terhadap masyarakat pesisir pantai barat Kota Banda Aceh dan Meulaboh agar tetap dalam keadaan tenang dan juga terus mengikuti arahan dari BPBD dan juga BMKG. Selain itu masyarakat juga telah dihimbau agar tidak terpancing oleh isu yang menyebutkan gemabumi yang terjadi ini tidak berpotensi tsunami.

    Sebelumnya masyarakat dari Desa Padang Seurahet Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat pada hari Senin 26 Desember 2016 ini telah menggelar sebauh acara doa dan dzikir bersama di lokasi masjid desa mereka yang telah hancur diterpa tsunami pada 26 Desember 2014 silam.

    baca juga :

    Berita Terkini: Video Youtube Pengusiran Adam Saleh Dari Pesawat Lantaran Islamfobia Ini Bikin Heboh Di Twitter !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here