Berita Terkini: Ini Kecanggihan Helikopter Aw 101 yang Bikin TNI Kesengsem !

0
3347
Helikopter Aw 101
Copyrigt©kompas

Berita Terkini: Ini Kecanggihan Helikopter Aw 101 yang Bikin TNI Kesengsem !

Indowarta.com– TNI Angkatan udara (TNI AU) ini tetap membeli helikopter AugustaWestland 101 atau yang dikenal Helikopter AW 101 sebanyak delapan unit walaupun telah mendapatkan berbagai penolakan termasuk juga Presiden Indonesia Joko Widodo.

TNI AU ini berdail bahwa helikopter yang dibeli ini adalah heli untuk tim Search and Rescue (SAR), bukan yang berjenis VVIP yang telah mendapatkan penolakan dari Presiden Joko Widodo. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya pada saat dikonfirmasi pada hari Selasa 27 Desember 2016 mengatakan “Ini untuk kebutuhan militer, bukan VVIP. Untuk SAR, bencana, kita perlu heli yang menampung kapasitas besar, yang mampu membawa pasukan, dan pasti sesuai dengan kebutuhan”.

Jemi juga telah menegaskan bahwa tidak mungkin TNI AU ini membeli tanpa adanya persetujuan dari pemerintah. Jemi juga membantah apabila pihaknya ini telah membeli helikopter ini secara diam-diam. Pembelian yang telah dilakukan oleh TNI AU ini sudah mendapatkan persetujuan dari pihak pemerintah seperti Bapenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertahanan, dan Komisi I DPR.

Helikopter Aw 101
Copyrigt©flugzeuginfo

Jemi juga menjelaskan “Dan ini TNI AU tidak sendiri, ada keikutsertaan stakeholder terkait, tidak bisa berdiri sendiri”. Helikopter AW 101 ini merupakan buatan dari Inggris dan Italia. Beberapa kecanggihan yang ditawarkan oleh Helikopter AW 101 ini. Salah satunya adalah desain modular yang memiliki struktur yang katanya tahan banting dan memiliki fitur toleransi kerusakan termasuk juga pisau rotor dan juga bingkai yang kokoh.

Selain itu juga akan ada kokpit yang canggih. Kursi kru dalam kokpit ini telah dipersenjatai dan juga akan mampu bertahan dalam benturan berkecepatan 35 feet per detik. Helikopter AW 101 ini juga bisa doipersenjatai dengan dua misil anti kapal atau lebih dari empat torpedo. Di bagian sayap juga akan bisa ditempeli dengan pelontar roket.

Selain itu helikopter AW 101 ini juga akan dilengkapi dengan infrared jammers dan juga ditanamkan sistem peringatan hika diserang dengan menggunakan misil. Dengan kata lain, si penggunanya akan mengetahui jika mendapatkan serangan dari luar dengan senjata tersebut.

baca juga :

Berita Terkini: Presiden Jokowi Diminta Batalkan Kunjungannya Ke Autralia, Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here