Berita Terkini: Awas, ,Jakarta Dalam 5 Kota Besar Dunia yang Paling Terancam Bahaya Gempa Lho!

0
1191
Gempa
Copyright©Republika

Awas, ,Jakarta Dalam 5 Kota Besar Dunia yang Paling Terancam Bahaya Gempa Lho!

Indowarta.com – Sejumlah gempa besar terjadipada abad ke-21 dan merenggut banyak korban jiwa. Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) jutaan kali gempa terjadi setiap tahunnyadi seluruh dunia. Namun, dampak dan bahanyanya tidak terdistribusi secara merata.

Sebaliknya, kemampuan Negara untuk mempersiapkan diri menghadapi bencana alam juga tidak sama. Diperkirakan total ada 283 juta orang terpapar gempa besar dilempeng-lempeng bumi bertemu, yang tidak hanya berpotensi meruak tapi juga merenggut korban jiwa.

Namun ancaman itu tidak menghentikan pembangunan oleh manusia. Faktanya ada beberapa wilayah yang padat penduduk berada diatas garis patahan paling aktif. Artinya sejumlah kota besar dibangun di atas fondasi yang rapuh.

Berikut ini adalah 5 kota yang paling besar beresiko gempa yang tidak terduga:

  1. Tokyo, Jepang

Dari beberapa potensi bencana alam, ancaman terbesar bagi Tokyo adalah lindu yang dahsyat. Ibukota Jepang berada di lingkaran cincin api. Sebanyak 37 juta penduduknya berada dalam bayang-bayang gempa dan bencana alam lain.

Tidak hanya itu, Jepang juga menjadi rumah dari 452 gunung berapi yang membuat negeri ini menjadi salah satu negara yang paling rawan bencana. Bukan hanya genpa yang berpotensi terjadi, bahkan banjir, muson dan tsunami ini menjadikan Tokyo  sebuah kota yang berbahaya.

Berita Terkini: Awas, ,Jakarta Dalam 5 Kota Besar Dunia yang Paling Terancam Bahaya Gempa Lho!
Copyrigt©Kaskus
  1. Jakarta, Indonesia

Jakarta juga berada dalam posisi yang genting, berada diurutan kota kedua yang paling rawan gempa dan yang kelima dalam kategori paling berpotensi bencana. Salah satu alasannya yaitu Jakarta berada I atas cincin api pasifik.

Akan tetapi komplikasi kota Jakarta itu tidak sampai disitu. Kurng dari setengan dari wilayah iniberada di permukaan laut, yang mebuat tanahnya menjadi lunak.

Sejumlah gempa besar pernah mengguncang Jakarta, salah satunya pada 5 januari 1699. Gempa itu merenggut setidaknya 28 nyawa  manusia. Sebanyak 21 rumah dan 29 lumbung hancur.

Sementara pada 10 Oktober 1834 tanah juga beberapa kali bergetar di wilayah Jakarta. Gempa itu merusak sejumlah bangunan dan rumah kokoh berdinding batu.

  1. Manila, Filipina

Ibukota Filipina juga sebagai kota yang beresiko di dunia. Manila sangat rentan terkena terjanganbencana, gempa juga kerap melanda dengan kekuatan lebih dari 6 SR. bahaya yang timbul oleh gempa bumi terhadap Manila tiga kali lipat dari tempat lain.

Itu karena berada di atas cincin api pasisik yang rawan lindu dan letusan gunung berapi. Faktor lain yaitu populasi Manila yang banbyak dan berjejal di area seluas 15,4 kilometer persegi itu mebuat bahya gempa makin besar.

  1. Los Angeles dan San Francisco, AS

Potensi gempa keduakota di AS ini terkait dengan patahan San Andreas yang menggeliat dan melepaskan energy yang memicu guncangan dahsyat. Patahn itu memiliki panjang 1.300 km, membentuk batas tektonik antara lempeng pasifik dan lempeng Amerika Utara. Ia membentang bak bekas luka hingga ke California Selatan.

  1. Osaka, Jepang

Sebanyak 14,5 juta penduduknya beresiko terdampak lindu. Kota ini juga rentan terhadap bencana lain. Efek bencana itu akibat hilangnya produktivitas di Osaka yang tak hanya mengacam perekonomian Jepang tapi juga dunia.

Ancaman besar bagi Osaka yaitu tsunami dan badai gelombang, dua bencana y7ang punya kecenderungan menguatkan satu sama lain.

Baca Juga Berita Terkini: Kasus Makar Ditelusuri, Polisi Bakalan Periksa Bus Angkut Masa 212 ?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here