Gambar Cut Meutia dalam Uang Baru Bukanlah Foto Asli?

0
1425
Cut Meutia

Gambar Cut Meutia dalam Uang Baru Bukanlah Foto Asli?

Indowarta.com– Penggambaran dari Cut Meutia yang tidak memakai penutup kepala atau krudiung ini telah menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Aceh. Gambar Cut Meutia ini ada pada uang kertas pecahan Rp 1.000 tahun emisi 2016. Menanggapi hal itu, beberapa pakar dan juga pemerhati sejarah Aceh pun telah mengupas mengenai sosok dari Cut Meutia ini. Dirinya merupakan sang pejuang perempuan dari tanah Rencong yang tepatnya adalah dari kawaasan timu Aceh Utara.

Dalam Focus Grup Discussion (FGD) di 3 ini 1  Coffee, Lampineung, Banda Aceh pada hari Selasa 27 Desember 2016, pembahasan mengenai figur ini telah berlangsung. Kegiatan ini bertajuk “Hijab Untuk Cut Meutia” telah digagas oleh Anggota DPRA Asrizal H Asnawi, Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) DAN JUGA Sekolah Hamzah Fansyuri.

Panitia juga sempat menghubungi Teuku Akmaluddin yang merupakan salah satu keturunan dari Cut Meutia yang menetap di Matangkuli, Aceh Utara pada saat diskusi ini sedang berlangsung. Dirinya akan memberikan kesaksian mengenai sosok dari Cut Meutia yang tidak memakai Hijab.

Cut Meutia

Melalui telepon, Akmal mengatakan “Gambar Cut Meutia tidak pakai jilbab. Gambar yang di uang Rp 1.000 itu bukan foto asli, tapi itu rekayasa. Gambar itu diambil dari foto wajah kemenakannya, Cut Nursidah”.

Dalam diskusi yang berlangsung itu, telah dihadirkan enam pembicara utama yakni Arkeolog Unsyiah Dr Husaini Ibrahim MA, cicit Sultan Aceh Darussalam terakhir, Tuwanku Warul Walidin bin Tuwanku Muhammad Yusuf, Anggota DPRA Asrizal H Asnawi, advokat Mukhlis Mukhtar SH, serta dua pegiat sejarah, yakni Haikal Afifa dari Institut Peradaban Aceh dan Muhajir Ibnu Marzuki dari Sekolah Hamzah Fansyuri.

Sebagai moderator dalam acara ini adalah mantan wali kota Sabang yakni Munawar Liza Zainal yang juga telah diikuti oleh beberapa aktivis perempuan seperti Shadia Marhaban dan juga Norma, para mahasiswa, pegiat sejarah, serta kalangan umum. Tidak hanya mendengarkan mengenai penjelasan dari inti pembicaraan ini, para peserta juga mempunyai kesempatan untuk menyampaikan argumennya mengenai Cut Meutia ini.

baca juga :

Berita Terkini: Bank Mandiri Gelontorkan Pinjaman 1.2 Triliun Rupiah Untuk PT KAI !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here