Kaleidoskop 2016: Dari Kecelakaan Fortuner Maut Di Daan Mogot yang berujung Penggusuran dan Penertiban Kalijodo !

0
906
Kalijodo
Copyrigt©kompas

Kaleidoskop 2016: Dari Kecelakaan Fortuner Maut Di Daan Mogot yang berujung Penggusuran dan Penertiban Kalijodo !

Indowarta.com– Riki Agung Prasetio 24 tahun telah menyesal bahwa dirinya sudah menenggak minuman keras di kafe Aldi, Kalijodo, Jakarta Barat. Dia telah kehilangan kendali pada saat mengemudikan Toyota Fortuner yang telah mengakibatkan 4 orang meninggal dunia. insiden yang telah terjadi ini telah mengingatkan kepada Ahok untuk melakukan penertiban di Kalijodo.

Penertiban dari Kalijodo ini telah diperhitungkan oleh Ahok dengan seksama. Mulai dari cara persuasif hingga kemungkinan akan menghadapi resistensi dari preman dan juga bos yang memiliki prostitusi. Secara administratif, sebagian besar area Kalijodo ini telah memasuk wilayah Jakarta Utara.

Sosiallisasi terus dilakukan dengan cara menempelkan selebaran surat peringatan penertiban Kalijodo. Para warga yang berada di jalur hijau telah diminta sendiri untuk membongkar bangunannya sendiri. rentang waktu dari SP1 hingga dengan pembongkaran bangunan ini cukup cepat yakni hanya sekitar 10 hari. Dihimbau agar para warga tidak akan melakukan perlawanan terhadap pemerintah.

Kalijodo
Copyrigt©liputan6

Pemprov DKI Jakarta juga telah memberikan tawaran untuk para warga Kalijodo yakni latihan kerja di Badiklat, diberikan fasilitas untuk kembali ke kampung halaman dan juga disediakan tempat tinggal di rumah susun untuk para warga Kalijodo yang sudah memiliki KTP DKI Jakarta. namun pada saat itu Ahok tidak memberikan lokasi sejengkal pun untuk para kupu-kupu malam dan juga peredaran minuman haram di daerah red light district Kalijodo, Jakarta Utara.

Satu hari menjelang eksekusi yakni pada tanggal 28 Februari 2016, hampir semua bangunan sudah dalam keadaan kosong dan siap untuk diratakan dengan tanah. Kemudian pada tanggal 299 Februari 2016 sebanyak 9 unit beckhoe telah dikerahkan oleh pemerintah untuk meratakan bangunan. Banyak warga yang menyaksikan pembongkaran ini.

Bulan demi bulan telah berganti, deretan gubuk liar Kalijodo ini telah berubah menjadi tumpukan material bahan bangunan. Ahok ingin membuat Kalijodo ini menjadi ruang terbuka hijau mulai dari arena bermain futsal hingga skatepark. Pembangunan ini telah dimulai setelah adanya perjanjian dengan perusahaan Sinarmas Land.

Pembangunan masih belum selesai sepenuhnya namun sudah terlihat perubahan yang sangat drastis. Tampak ada lapangan fursal hingga Skatepark dan juga jogging track di Kalijodo.

baca juga :

Kenapasih Kampanye Pilkada 2017 Terkesan Sangat Sepi, Ini Penyebabnya ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here