Berita Terkini: Usai Banjir Bandang, Kota Bima Dikepung Debu dan Bau Busuk !

0
769
bima
Copyrigt©kompas

Warga Kota Bima Berharap Pemerintah Lakukan Antisipasi!

indowarta.com– Kota Bima dilanda bencana alam yang cukup dahsyat. Banjir yang menerjang hingga rumah rusak dan sampah berserakan. Kondisi terakhir saat ini Kota Bima diselimuti debu.

Debu yang menyelimuti langit Bima tersebut berasal dari lumpur yang telah mengering. Penampakan ini terlihat di sepanjang jalan usai banjir bandang yang melanda kawasan kota tepian.

Sepertinyang terlihat di sepanjang jalan Soekarno Hatta dan jalan Gajahmada. Debu yang mengering mengganggu pengendara motor yang melintas.

Agar tidak mengganggu saluran pernapasan, pengendara maupun warga lainnya mengenakan masker. Tetapi masih banyak juga warga yang tidak mengenakan penutup mulut dan hidung ini.

Adanya kejadian ini warga berharap agar pemerintah melalui Dinas Kesehatan melakukan sebuah tindakan preventif. Misalnya dengan membagikan masker kepada pengguna jalan. Seperti yang disampaikan oleh Buharis, salah satu warga kelurahan Sambinae. Ia mengaku tidak nyaman saat di jalan. Karena banyaknya debu. Sehingga warga Bima membutuhkan masker dari pemerintah. Dengan dalih debu ini jelas akan mengganggu saluran pernapasan.

Selain masker, warga berharap pemerintah Kota Bima melakukan penyiraman rutin. Sehingga debu tidak mengganggu aktivitas sehari- hari.

Banjir Bima
Copyrigt©production

Parahnya, selain debu muncul pula aroma tidak sedap. Kemungkinan bau tersebut berasal dari sampah yang membusuk di sepanjang jalan. Salah satu pengakuan warga, mereka harus tutup hidung akibat bau yang menyengat cukup tajam.

Warga meminta pemerintah setempat segera melakukan antisipasi. Misalnya dengan pembagian masker, penyiraman jalan, dan pembersihan sisa lumpur yanga ada di jalanan. Dengan demikian debu bisa hilang, sampat tak menumpuk, bau menyengat hilang dan pengguna jalan aman.

Seperti yang dikutip dari pernyataan Ismail. “kalau tidak disiram dan dibersihkan, debu dan lumpur ini bakal mengganggu kesehatan masyarakat. Apalagi sekarang pasca banjir sudah banyak warga yang sakit”.

Perlu diketahui bahwa dampak banjir diantaranya muncul wabah penyakit. Misalnya disentri, kolera, diare, dan penyakit lainnya. Bahkan ditemukan kekurangan air bersih di sejumlah tempat.

baca juga :

Berita Terkini: Gempa Bumi 3,7 SR Guncang Bima Usai Bencana Banjir !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here