Berita Terkini: Guncangan Gempa di Sumba Terasa Sampai Bali !

0
563
Gempa
Copyright©Republika

Guncangan Gempa di Sumba Terasa Sampai Bali !

Indowarta.com – Gempa dengan kekuatan 6,6 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Guncangan yang lumayan kuat itu dirasakan oleh masyarakat pada Jumat (30/12/2016) pagi. Gempa Sumpa itu juga terasa hingga Pulau Bali.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan dalam keterangan tertulis bahwa Posko BNPB telah menginformasikan dampak gempa. Gempa dirasakan sedang hingga kuat di Kota Bima, Sumbawa, Sumbawa Barat, Praya, Lombok, Kota Mataram hingga Bali.

Menurut keterangan, gempa Sumba ini tidak berpotesi tsunami. Sumber gempa itu berasal dari subduksi pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

Berita Terkini: Guncangan Gempa di Sumba Terasa Sampai Bali !
Copyrigt©News Okezone

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan kekuatan 6SR itu terjadi pada pukul 05.30 WIB. Hipocenter gempa pada koorinat 9,37 derajat LS, 118,63 derajat BT. Titik gempa beradi di 59 kilometer barat daya Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kedalaman 91 kilometer di bawah laut.

Artinya intenitas dari gempa tersebut ringan hingga sedang. Dengan kondisi seperti ini bangunan masih kuat untuk menahan gempa. Jika ada kerusakan itu pun tidak rusakberat. Umumnya bangunan akan mengalami kerusakan berat dan roboh jika merasakan gempa dengan intensitas gempa diraskan V-VII MMI.

Sutopo juga mengatakan, gempa Sumba itu membuat masyarakat panik dan berhamburan. Bahkan aparat dan masyarakat yang sedang melakukan penanganan darurat pasca banjir yang melanda Kota Bima beberapa hari lalu itu juga merasakan guncangan cukup keras dan berhamburan keluar rumah dan bangunan.

Hingga saat ini, belum ada laporan terkait korban jiwa dan kerusakan bangunan yang diakibatkan Gempa Sumba ini. Sutopo mengatakan, saat ini BPBD masih terus melakukan pemantauan dan selanjutnya info mutakhir akan disampaikan segera jika ada laporan dari lapangan.

Masyarakat diimbu untuk selalu waspada apabila terjadi gempa susulan lagi. Respons terbaik saat merasakan guncangan gempa yaitu dengan keluar rumah atau bangunan secepatnya dan berkumopul ditempat yang lebih aman.

Menurut data BNPB, berikut ini intensitas dan lama gempa Sumba dirasakan:

  • Gempa dirasakan cukup kuat di Sumba Barat Daya sekitar 5 detik, masyarakat sempat panik, dan belum ada laporan dampak dari gempa Sumba ini.
  • Gempa juga cukup dirasakan kuat di Sumba Barat sekitar 5 detik.
  • Dirasakan cukup kuat di Sumbawa Barat selama 3 detik.
  • Dirasakan sedang di Kota Mataram selama 5 detik.
  • Dirasakan di Kabupaten Dompu selama 5 detik.
  • Dirasakan sedang de sebagian besar wilayah Bali selama 5 detik.

Baca Juga Video Youtube Hot dengan Judul ‘Tuban Bergoyang’ Ini Bikin Viral !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here