Berita Terkini: Isu Panas Reshuffle Kabinet dan Gagasan Menteri Rini, Apa Hubungannya?

0
661
Reshuffle Kabinet
Copyrigt©tribun

Jokowi Tegaskan Tak Ada Reshuffle Kabinet!

indowarta.com– Di akhir tahun 2016, isu Reshuffle Kabinet semakin terdengar kencang. Apalagi berita burung ini disertai dengan usulan Menteri BUMN Rini Soemarno dalam pembentukan holding serupa dengan BUMN. Lantas apakah hubungan keduanya?

Desas desus yang terdengar, pemerintah berencana memisahkan Kementerian BUMN dengan holding besar BUMN. Rencana tersebut terlonta dari Menteri BUMN Rini Soemarno. Sedangkan isu Reshuffle Kabinet terkait adanya perubahan susunan menteri atau pejabat setingkatnya. Terkait berita tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan klarifikasi bahwa tak ada rencana Reshuffle Kabinet.

Seperti saat ditemui di proyek pembangunan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Jokowi membantag adanya isu Reshuffle Kabinet.

Meskipun Reshuffle Kabinet hanya sekedar isu. Namun tentang pembentukan holding besar BUMN kemungkinan bukan hanya sekedar isu belaka. Hal ini berdasarkan dengan pengakuan Menteri BUMN Rini Soemarno. Saat ini kementerian sedang menyusun holding BUMN serupa.

BUMN
Copyright©poskotanews

Meski demikian, hingga kini pembentukan holding BUMN belum menemui titik terang meski ditargetkan rampung di penghujung tahun. Hal ini karena adanya revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2005 tentang pembentukan holding BUMN sebagai dasar pembentukan.

Seperti yang dikutip dari pernyataan Rini kemarin 29, Desember 2016. Kementerian berharap akan mencoba PP 44 bisa diundangkan sebelum penghujung tahun. Target selanjutnya penyelesaian proses di Sekneg, Kemenkumham. Sedangkan menteri lainnya sudah memberikan paraf atau persetujuan.

Kemudian pembentukan PP. Misalnya Pertamina harus mempunyai PP untuk pertamina, PP untuk tambang Inalum. Pembentukan holding BUMN ini bertujuan untuk menghemat biaya operasional BUMN. Tentu saja akan berdampak pada pengurangan tenaga kerja.

Rencana Rini ini berujung pada spekulasi adanya isu Reshuffle Kabinet. Apalagi berhembus kabar PDIP selalu menggoyang Menteri Rini terkait isu Reshuffle Kabinet. Beruntungnya nama Rini selalu berada posisi aman.

Seperti yang diungkapkan Darmadi Durianto, anggota Komisi VI DPR dari PDIP. Ia mengatakan dividen yang disetor hanya 37 triliun rupiah. Jika dibandingkan dengan APBN yang digelontorkan ke BUMN. Itu membuat Rini harus dievaluasi.

baca juga :

Berita Terkini: Presiden Jokowi Bantah Adanya Isu Reshuffle Kabinet Jilid III !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here