Berita Terkini: Terkait Dugaan Australia hina Pancasila , Panglima Australia Janji Akan Selidiki Materinya !

0
1519
australia hina pancasila
Copyrigth©okezone

Dugaan Australia Hina Pancasila, TNI Putuskan Kerja Sama Militer !

indowarta.com– Terkait dugaan adanya Australia hina Pancasila, Aries Saputra selaku Anggota Komisi I DPR memperkirakan tak akan berdampak besar. Sebelumnya ada kerja sama antara TNI dengan Angkatan Bersenjata Australia (Australian Defence Force/ ADF).

Melalui pesat singkatnya Supiadin mengatakan tidak terlalu berpengaruh besar terhadap militer Indonesia. Dan juga tidak berdampak pada hubungan bilateral. Pasalnya kerja sama militer ini hanya sebagian kecil dari hubungan dua negara yaitu Indonesia dan Australia.

Sebelumnya TNI mengirimkan surat terkait adanya dugaan Australia hina Pancasila pada tanggal 9 Desember 2016. TNI melayangkan surat yang isinya menghentikan kegiatan kerja sama militer antar dua negara ini.

Hal ini bermula saat pengalaman pelatih dari Korps Pasukan Khusus (Kopassus) yang mengajar di sekolah pasukan khusus Australia. Pelatih mengetahui adanya pelajaran yang berisi tentang Australia hina Pancasila, menjelek- jelekkan TNI.

australia hina pancasila
Copyrigth©tempo

Bahkan saat pelatih Kopassus keberatan dengan materi yang ada. Ia menemukan tulisan yang isinya Australia hina Pancasila, yang merupakan lambang negara Indonesia.

Jika penghentian kerja sama atas alasan Australia hina Pancasila. Maka keputusan pemerintah dinilai cukup tepat. Karena dalam hal mengadakan kerja sama antar negara. Tiap- tiap negara wajib memegang teguh prinsip kesetaraan, saling menghormati dan saling menguntungkan.

Jika salah satu prinsip tersebut dilanggar, maka TNI berhak menghentikan kerja sama yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu penghentian kerja sama karena Australia hina Pancasila supaya menjadi pelajaran negara Kanguru tersebut.

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen Wuryanto menolak menceritakan pihak mana yang menjadi penyebab masalah itu muncul. Menurutnya, hasil evaluasi menunjukkan bahwa hal teknis harus diperbaiki agar kerja sama yanga akan datang bisa berjalan.

Sementara itu, Marsekal Mark Binskin selaku Panglima Tentara Australia akan menyelidiki materi latihan militer negaranya yang dirasa menghina lambang negara Indonesia. Menteri Pertahanan Australia Marise Payne juga berharap agar kerja sama kedua negara tetap berjalan.

baca juga :

Berita Hari Ini: Panglima TNI Tegaskan Isu Masuknya Tenaga Kerja China 10 Juta Jiwa Adalah Hoax !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY