Berita Terkini: Virus Zika Menyebar Di Asia, Ini Cara Singapura Atasi!!

0
895
Virus Zika

Berita Terkini: Virus Zika Menyebar Di Asia, Ini Cara Singapura Atasi!!

Indowarta.comVirus Zika yang berada di Amerika Latin dipandang sebagai suatu ledakan Wabah dan sekarang WHO juga sudah menetapkan Waspada. Begitu juga dengan ASIA yang dalam keadaan Waspada.

Di India telah melakukan Uji Coba Virus Zika pada penduduknya yang berjumlah 1,3 Milyar. Dan hal ini tidak mengejutkan jika Virus Zika tersebut ditemukan karena India ternyata mempunyai Sejarah panjang tentang Virus Zika tersebut.

Virus Zika adalah Virus pada Nyamuk yang akhir akhir ini dikaitkan dengan pengecilan otak pada Bayi yang baru lahir dan penyakit langka sindroma Guillain-Barre.

Para ilmuan juga sedang menguji munculnya wabah tersebut di Amerika  latin dan mengatakan berapa juta orang yang hampir pasti terkena Wabah Virus Zika tersebut.

Namun sampai sejauh ini di Asia diperkirakan bebas dari Nyamuk penyebab zika Tersebut. Semua sampel yang dianalisis National Institute of Virology di Pune pusat ahli penyebaran penyakit karena virus India yang menunjukkan hasil negatif infeksi Virus Zika.

India sebenarnya pernah mengalami Wabah Virus Zika sebelumnya. Ketika mendirikan Institut pada tahun 1952, beberapa kelompok Ilmuan ditugaskan untuk mengetahui penyakit yang perlu diperhatikan.

Virus tersebut pertama kali berhasil diambil dari monyet yang hidup di hutan Zika, Uganda pada tahun 1947. Baru pada tahun 1952. Zika dinyatakan dalam sebuah virus tersendiri.

Virus Zika

Sementara itu, Kementerian kesehatan singapura mengatakan bahwa bersama NEA atau dinas Lingkungan Nasional akan mengambil langkah pencegahan terkait Virus Zika tersebut. Langkah tersebut di ambil usai imbauan dari Badan kesehatan dunia WHO yang menyatakan Virus zika sebagai Darurat kesehatan.

Kementerian Kesehatan singapura dan NEA menyatakan salah satu langkah yang dilakukan adalah memperbolehkan pengujian sample darah di aboratorium Rumah Sakit umum di Seluruh Singapura.

Selama ini pengujian sample Darahbagi orang yang diduga terjangkit Virus Zika dilakukan di Lab Kesehatan Nasional Singapura. Kementerian Kesehatan Singapura juga akan membentuk kelompok penasihat bagi perempuan yang Hamil yang di indikasi terkena Virus Zika.

Wisatawan yang kembali dari negara-negara endemik disarankan segera menemui dokter untuk menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk deteksi dini Virus Zika.

baca juga : Berita Terkini : Ini Gejala Infeksi Virus Zika Dan Dbd, Kenali Sejak Dini !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here