Berita Hari Ini: Gempa 5.5 SR Di Padang Bikin Panik Warga Sampai Mukomuko !

    0
    589
    Berita Terkini: Guncangan Gempa di Sumba Terasa Sampai Bali !
    Copyrigt©News Okezone

    Berita Hari Ini: Gempa 5.5 SR Di Padang Bikin Panik Warga Sampai Mukomuko !

    Indowarta.comGempa hari ini telah terjadi di Kota Padang dengan kekuatan 5,5 sksla richter di Pesisir Sumatera Barat. gempa ini terjadi pada hari Senin malam tadi kurang lebih pada pukul 18.28 WIB.

    Kepala pusat Data Informasi dan Humas BNPB yakni Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya yang dibuat pada hari Senin 9 Januari 2017 menyebutkan “Menurut BMKG pusat gempa berada di laut pada kedalaman 17 kilometer dengan pusat gempa 64 km barat laut Pesisir Selatan atau 83 km barat daya Kota Padang, Sumatera Barat. Sumber gempa berasal dari zona subduksi lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Gempa tidak berpotensi tsunami”.

    Sutopo mengatakan bahwa gempa bisa dirasakan ringan di wiliyah Solok, Pariaman, Padang Pariaman. Lalu gempa susulan dengan intensitas rendah juga telah dirasakan oleh masyarkat sekitar.

    Hingga saat ini masih belum ada laporan mengenai dampak yang telah ditumbulkan oleh gempa hari ini. Baik korban jiwa ataupun korban materiil masih belum ada laporan tentang hal ini. Sutopo mengatakan bahwa BPBD masih melakukan pendataan. Hingga saat ini kondisi dari masyarakat masih normal seperti biasanya.

    gempa magnitudo Ternate

    Berdasarkan dari analisis peta guncangan gempa dirasakan dari USGS (Badan Geologi Amerika) yang menyebutkanbahwa gempa dirasakan di Kota Padang, Pesisir Selatan dan juga Mukomuko ini tercatat pada skala IV Modified Mercalli Intesnsity atau MMI (ringan). Bahkan pada wilayah daerah terdekat dengan pusat gempa intensitasnya ringan hingga sedang.

    Sutopo mengatakan bahwa berdasarkan dari peta guncangan gempa dirasakan ini diperkirakan bahwa tidak ada kerusakan bangunan yang masih dari gempa hari ini. Pada umumnya guncangan dengan intensitas lebih dari VI MMI ini akan mengakibatkan bangunan rusak berat.

    Getaran tidak hanya dirasakan di wilayah Pesisir Selatan, Sumbar saja. Gempa yang berkekuatan 5 SR ini juga mengguncang  Pulau Morotai di Maluku Utara pada hari Senin malam 19.41 WIB. Berdasarkan informasi dari halaman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini berlokasi di koordinat 2,58 Linta Utara dan 127.21 Bujur Timur. Lokasi gempa ini berjarak 134 kilometer barat lau Pulau Morotai.

    baca juga :

    Berita Terkini: Kondisi Menurun Sejak 4 Januari, Ridwan Kamil Masuk Rumah Sakit Setelah 3 Tahun Jabat Walikota Bandung !

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY