Berita Terkini: Bos BUMN Boleh Orang Asing?

0
623
Copyrigth©JabarMerdeka

Bos BUMN Boleh Orang Asing?

Indowarta.com – Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku heran dengan beredarnya isu tentang akan adanya CEO atau direktur utama BUMN yang berasal dari warga negara asing. Menurutnya, dirktur utama yang saat ini menjabat bukanlah orang biasa.

Untuk menjadi orang nomor satu di BUMN harus melalui beberapa tahapan seleksi yang ketat dan marus memilki kriteria khusus. Rini mengaku jika dirinya tak mengetahui mengapa ada isu yang mengatakan CEO BUMN adalah orang asing.

Untuk menjaga kredibilitas BUMN, Rini menjelaskan proses penilaian yang dilakukan dalam beberapa tahap. Tak hanya melalui Internal Kementerian BUMN, namun juga melalui tim independen.

Berita Terkini: Bos BUMN Boleh Orang Asing?
Copyrigth©Liputan6

Dengan melibatkan tim independen tersebut, itu berarti proses seleksi untuk menjadi pimpinan perusahaan pemerintah sudah sesuai dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan milik pemerintah besar lainnya.

Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya pernah menyatakan jika dirinya mengaku tidak ada masalah jika BUMN dipimpin oleh orang asing. Ia mencoba membandingkannya dengan CEO perusahaan yang diisi oleh orang asing dengan kursi pelatih klub bola di Indonesia.

Selain itu Luhut juga mencontohkan bos maskapai Emirates yang selama ini diisi oleh orang Inggris. Dan kini maskapai tersebut justru menjadi salah satu maskapai berkelas Internasional.

Isu tersebut justru dapat digunakan sebagai tantangan kepada masyarakat Indonesia agar dapat lebih baik dibandingkan orang asing. Terkait dengan rencana mengisi kursi bos BUMN dengan asing itu tidak ada hubungannya dengan semangat nasionalisme pemerintah.

Selain itu sebelumnya Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDIP Darmadi Durianto juga meminta Presiden Jokowi untuk memberikan penjelasan tentang keinginannya menempatkan tenaga ahli asing di BUMN. Itu karena lebih baik jika JOkowi mengutamankan anak bangsa yang menjadi tenaga ahli.

Meskipun keinginan dari Jokowi tersebut tidak melanggar undang-undang, namun yang perlu dipahami adalah kultur dan semangat yang akan dibawa tenaga asing saat berada di BUMN. Dikhawatirkan nantinya tidak selaras dengan semangat konstitusi.

Untuk kedepannya, DPR akan berupaya untuk membenahi sektor tersebut melalui revisi undang-undang. Termasuk dengan tata cara penempatan direksi yang memiliki basis kapasitas dan kapabilitas dengan memprioritaskan anak bangsa, bukan malah orang asing.

Baca Juga Berita Terkini: Yakin Hotel Alexis Akan Segera Ditutup ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here