Berita terkini: Raih Nilai Sempurna Ujian Nasional (UN) SMA, Manfaatkan 3 Peluang Ini Berikut Jadwal Lengkapnya !!

0
2214
ujian nasional (UN)

Raih Nilai Sempurna Ujian Nasional (UN) SMA, Manfaatkan 3 Peluang Ini Berikut Jadwal Lengkapnya !!

indowarta.com – Bulan april mendatang Ujian Nasional (UN) akan segera dilaksanakan. Mulai dari SMA sederat, SMP sederajat hingga SD sederajat. Berjuta-juta siswa sekolah di tanah air mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian kelulusan tersebut.

Sekolah SMA sederat kini sekolah-sekolah sudah mempersiapkan dan menghimbau kepada para siswanya. Agar memanfaatkan peluang-peluang untuk mendapakan nilai UN yang maksimal. Meski kini UN tidak lagi sebagai penentu kelulusan. Sekolah tetap berharap para siswanya bisa mencapai standar nilai yang telah ditentukan.

Ada beberapa kriteria kelulusan bagi peserta didik di setiap satuan pendidikan. Pertama, siswa harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran yang ada di sekolah. Kemudian, siswa juga harus bisa mendapatkan nilai sikap maupun perilaku minimal baik. Terakhir siswa harus lulus dalam ujian sekolah/madrasah/pendidikan kesetaraan.

Untuk mendapatkan nilai yang diinginkan ada 3 peluang yang harus diperhatikan oleh para siswa. Yang pertama menempuh Ujian Nasional utama, kedua  Ujian Nasional susulan, dan yang terakhir perbaikan nilai Ujian Nasiaonal (UN).

ujian nasional (UN)

Untuk sekolah yang ujiannya berbasis kertas, Ujian Nasional (UN) utama akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 6 april mendatang. Sedangkan untuk yang berbasis komputer akan diberi waktu lebih panjang yaitu bulan april tanggal 4 hingga 12 nanti.

Selanjutnya Jika siswa tidak dapat hadir dalam Ujian Nasional Utama. Maka peluang kedua adalah mengikuti Ujian Nasional susulan yang dilaksanakan seminggu setelah Ujian Utama dilaksanakan. Ujian ini hanya diperuntukkan kepada siswa yang berhalangan hadir dalam Ujian Utama, misal ia sedang sakit. Syaratnya siswa tersebut harus mendapatkan bukti keterangan dari sekolah perihal ketidak hadirannya tersebut.

Yang terakhir apabila peserta Ujian Nasional (UN) belum memenuhi standar kompetensi kelulusan UN maka akan diberikan kesempatan memperbaiki  nilai melalui skema Ujian Nasional perbaikan pada bulan februari yang lalu.

Pada Ujian Nasional (UN) perbaikan ini siswa hanya akan mengulang nilai kurang yang masih dibawah standar kompetensi. Ujian Perbaikan akan dilaksanakan pada awal bulan juni atau september. Jadi selamat belajar bagi para penurus bangsa dan semoga berhasil.

baca juga: 

Berita terkini: UN (Ujian Nasional) 2016 Berbasis Komputer, Surabaya Tak Libatkan Polisi!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here