Berita Terkini: FB Siap Luncurkan Inisiatif Anti Hoax Menjelang Pemilu Prancis !

0
962
fb
Copyright © indoberita

FB Siap Luncurkan Inisiatif Anti Hoax Menjelang Pemilu Prancis !

Indowarta.com – Ada beberapa keprihatinan yang muncul lantaran kini orang-orang dapat menyebarkan informasi palsu di jejaring sosial FB menjelang pemilu Prancis. Pemilu tersebut rencananya akan dilakasanakan pada bulan April dan Mei.

Menanggapi berita hoax yang semakin menjamur, maka perusahaan media sosial Facebook pada Senin 6 Januari 2017 akhirnya meluncurkan inisiatif untuk menanggulangi berita-berita hoax yang beredar di Prancis, yang menyoroti media menjelang Pilpres di negara tersebut.

Dikutip dari VOA News pada Selasa 7 Februari 2017, pihak FB mengatakan jika mereka nantinya akan bekerja sama dengan beberapa organisasi berita di Prancis. Organisasi berita tersebut diantaranya Agence France Presse, BFM TV, L ‘Express dan Le Mando.

WAJIB BACA :  Heboh, Video Hot Wanita Cantik Mantan DPRD Beredar di FB dan Instagram Demi Rp 50 Juta!
Berita Terkini: FB Siap Luncurkan Inisiatif Anti Hoax Menjelang Pemilu Prancis !
Copyright©VOA

Kerjasama tersebut dilakukan yang bertujuan untuk memastikan berita-berita hoax tidak akan dipublikasikan di media sosial tersebut. jaringan mediatersbut juga telah menghadapi banyak kritikan.

Kritikan tersebut lantaran mrek tidak melakukan cukup upaya untuk mencegah berita hoax yang dipublikasikan kembali oleh FB dalam kampanye Presiden AS tahun lalu. sebagai tanggapannya kini pihak Facebook akhirnya mengambil langkah untuk mencoba mengatasi masalah tersebut.

Kondisi tersebut rupanya membuat sebagian kalangan menjadi khawatir bahwa berita hoax menjelang pilpres Prancis akan beredar di media sosial Facebook. Apalagi pesta demokrasi tersebutakan dilaksanakan pada April dan Mei tahun 2017 ini.

Di Amerika Serikat sendiri, pihak Facebook mengatakan jika para oenggunanya akan lebih mudah untuk menandai artikel-artikel palsu dihalaman berita mereka. pasalnya akan dilakukan kerjasama engan organisasi-organisasi seperti pada laman pengecekan fakta Snopes, ABC News dan Associated Press untuk memeriksa keaslian dari cerita.

WAJIB BACA :  Heboh, Video Hot Wanita Cantik Mantan DPRD Beredar di FB dan Instagram Demi Rp 50 Juta!

Awal tahun 2017, pihak FB rupanya meluncurkan inisiatif yang sama di Jerman, dimana para pejabat pemerintah menyampaikan kekhawatirannya terkait dengan beredarnya berita palsu dan berita yang berbau kebencian tersebar di internet.

Facebook rupanya juga mluncurkan renana untuk berfokus pada pelaku ‘hal terburuk dari yang terburuk’ dan telah bermitra dengan pencari fakta lain dan organisasi berita guna memilih brita yang benar, bukan berita karangan.

Dikhawatirkan hal itu dapat mempengaruhi pemilihan parlemen yang digelr pada bulan September. Saat ini Kanselir Angela Markel akan maju untuk mendapatkan masa jabatan yang ke empat.

Baca Juga Hebohkan FB, Video Rekam Aksi ‘Settingan’ Sandiaga Uno dan Anies Baswedan Saat Blusukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here