Begini Lho Cara Mengatasi Gigi Ngilu Atau Sakit Secara Mudah dan Cepat !

0
6546
gigi senitif
Copyrigth©Caradunia

Begini Lho Cara Mengatasi Gigi Ngilu Atau Sakit Secara Mudah dan Cepat !

Indowarta.com – Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya gigi ngilu saat makan atau minum yang dingin atau panas. Itu tandanya orang tersebut tengah mengalami gigi sensitive, saat itu aktivitas makan, minum atau sedang menggosok gigi pasti tidak nyaman.

Taukah Anda mengapa gigi kadang bisa sensitive? Apa sih penyebabnya?

Pada umumnya gigi terasa ngilu itu karena lapisan email semakin terkikis atau bisa juga gigi terpapar dalam waktu yang lama. Saat gusi terbuka otomatis gigi akan menjadi lebih sensitive karena akar yang berada di dalam gigi terpapar oleh keadaan sekitar. Apalagi jika langsung terkena sinar matahari, perlu diketahui juga bahwa bukan hanya gigi berlubang, gigi sensitif pun juga perlu ditambal juga lho!, untuk alasannya bisa klik link tersebut.

Dengan kondisi gigi yang seperti itu maka bisa dengan mudah memicu rasa ngilu pada gigi saat terjadi pertemuan dengan sesuatu yang panas maupun dingin, atau bahkan dengan gesekan yang keras.

cara mengatasi gigi ngilu
Copyrigth©Dr. OZ Indonesia

Sementara faktor lain yang juga dapat memicu terjadinya gigi ngilu yaitu :

  • Gigi berlubang yang mengakibatkan banyak bakteri didalamnya.
  • Efek samping saat menjalani program maupun prosedur pemutihan gigi.
  • Plak gigi yang menumpuk.
  • Menggosok gigi terlalu kuat atau kencang.
  • Terjadi radang pada gusi.
  • Sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam.

Baca Juga : Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Jeruk Nipis dan Garam, Simak Langkahnya!

Jika anda salah satu orang yang memiliki ciri diatas, maka berhati-hatilah sebab kemungkinan besar Anda mudah mengalami gigi ngilu. Jika sudah terlanjur dengan kebiasaan diatas, maka bagaimana cara mengatasi gigi ngilu dan mencegahnya?

Cara Mengatasi Gigi Ngilu jalan utama dan terbaik yang Anda harus lakukan yakni dengan memeriksakannya ke dokter spesialis gigi untuk bisa mendapatkan perawatan yang maksimal, terkadang ada juga orang yang langsung memasang bahel untuk mencegahnya tanpa membaca instruksi Perlukah Menggunakan Kawat Gigi? berikut. Segeralah bawa ke Dokter gigi dan nantinya akan mendeteksi penyebab gigi ngilu yang terjadi pada Anda. Biasanya dokter akan memberikan pengobatan untuk gigi ngilu diantarannya:

  • Memberikan pasta gigi khusus untuk gigi sensitive
  • Memberikan Fluoride. Dengan mengoleskan fluoride pada gigi Anda yang sensitive akan meredakan gigi sensitive dalam waktu yang relative singkat.
  • Memberikan lapisan pengikat atau yang biasa disebut bonding resin. Untuk cara ini biasanya butuh bius lokal.
  • Jika gigi sensitive sudah parah, maka dokter akan melakukan bedah gusi untuk mengambil akar gusi dibagian gusi lain untuk menambal gusi yang sering terasa sensitive.
  • Memeriksa saluran akar gusi dengan cara merawat pulpa gigi. Ini cara yang paling pamungkas jika cara mengatasi gigi ngilu yang lain tidak memberikan hasil

Simak Nih : Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang!

Cara mengatasi gigi ngilu dan pencegahan dirumah bisa dilakukan dengan cara:

  1. Menggosok gigi secara rutin. Namun jangan trlalu kencang atau kuat tekanannya.
  2. Jangan menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan keras yang dapat merusak lapisan gigi.
  3. Jangan mengasah gigi tanpa bantuan dokter.
  4. Kurangi kebiasaan memakan atau meminum sesuatu yang asam atau bersoda. Jika sulit menghilangkan kebiasaan tersebut, maka langkah yang perlu dilakukan yakni meminum air mineral untuk menetralkan kadar asam yang ada di mulut.
  5. Jauhkan kebiasaan menggosok gigi setelah makan atau minuman yang asam. Makanan atau minuman yang asam dapat membuat gigi lebih lunak yang mengakibatkan lapisan gigi mudah terkikis.

Dengan cara-cara yang telah dibeberkan diatas, maka anda bisa diaptikan aman dari ganguuan gigi sensitive atau ngilu yang mengganggu dan menjngkelkan. Dengan gigi sehat dan kuat maka anda akan lebih nyaman mengkonsumsi makanan dingin atau panas.

Baca Juga: Begini Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami Tanpa Menggunakan Bahan Kimia !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here