Berita Terkini: Selain Peringatan Gempa, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Soal Angin Kencang Di Pesisir Selatan Selatan Indonesia !

0
1244
Angin Kencang
Copyrigth©ilustrasi

Berita Terkini: Selain Peringatan Gempa, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Soal Angin Kencang Di Pesisir Selatan Selatan Indonesia !

Indowarta.com– Berdasarkan laporan terkini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Praya pada hari ini yakni Selaa 7 Februari 2017 dan juga BMKG Maritim wilayah pelayanan selat Lombok bagian utara telah dilaporkan bahwa pada wilayah NTB ini mempunyai potensi angin kencang.

Tidak hanya itu saja, di perairan Selat Lombok juga berpotensi untuk timbul gelombang tinggi. BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini terkait dengan angin kencang yang telah terjadi semenjak siang hari hinga petang. Kepala BMKG Stasiun BIL, Oral Sem Wilar melalui pesan singkat telah menyebutkan bahwa peringatakan dini engin kencang yang akan terjadi pada hari ini dimulai dari pukul 11.30 hingga 18.00 WITA.

Wilar mengatakan bahwa akan ada potensi angin kencang yang terjadi di wilayah Tanjung, Mataram, Lembar, Gerung, Sekotong, Selong, Sumbawa Besar dan juga di sekitarnya. Diperkirakan bahwa kondisi seperti ini masih akan terus berlangsung hingga pukul 18.00  WITA.

Angin Kencang
Copyrigth©ilustrasi

Sementara itu untuk para nelayan maupun warga yang berada di pesisir telah diingatkan untuk mewaspadai tingginya gelombang laut yang diperkirakan akan mencapai 3  hingga 4 meter. Nelayan yang akan melaut diharapkan untuk berhati-hati terhadap potensi gelombang tinggi disertai degnan angin kencang.

Sebelumnya BMKG sendiri juga sudah memprediksikan bahwa akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai dengan angin kencang dan juga gelombang tinggi. Kondisi seperti ini diperkirakan akan melanda hampir seluruh wilayah NTB. Diperkirakan bahwa kondisi seperti ini akan terjadi hingga tanggal 9 Februari 2017. Angin kencang  berpotensi untuk melanda Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Besar, Bima, Dompu dan wilayah sekitarnya.

Terjadinya angin kencang ini dikarenakan adanya sirkulasi tertutup dari sel tekanan rendah di utara benua Australia (994 hPa) yang telah menarik massa udara di wilayah sekitar NTB dengan sangat kuat. Situasi yang seperti ini yang telah memicu wilayah NTB dilanda angin kencang.

baca juga :

Berita Terkini: Begini Respon Partai Demokrat Saat Rumah SBY Digeruduk Massa !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here