Pilot Keluhkan Sinar Laser Di Bandara Kerap Ganggu Penerbangan, Pelaku Diancam Denda 1 Miliar !!

0
854

Pilot Keluhkan Sinar Laser Di Bandara Kerap Ganggu Penerbangan, Pelaku Diancam Denda 1 Miliar !!

Indowarta.comSinar Laser kerap ada di area bandara, AirNav Indonesia atau LPPNPI memberi peringatan untuk menghindari penggunaan laser di area bandara karena dapat mengganggu penerbangan.

Peringatan kepada masyarakat dilayangkan pihak AirNav Indonsia agar tidak menggunakan sinar laser di sekitar bandara yang menganggu penerbangan.

Secretary AirNav Indonesia Ary Suryadharma mengungkapkan, demi keselamatan dan keamanan penerbangan AirNav menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari penggunaan laser di area bandara karena dapat mengganggu.

Ari Suryadharma menambahkan bahwa sinar laser yang ditembakkan ke kokpit dapat mengganggu pandangan pilot. Demi keamanan dan keselamatan penerbangan sinar laser yang ditembakkan ke pesawat sangat mengganggu penerbangan. Diameter sinarnya memang kecil, tapi karena itu cahaya, saat sampai dipesawat diameternya besar dan bisa mengganggu.

Di belahan dunia memang sinar laser sering menjadi masalah, pihak AirNav memberi edukasi kepada masyarakat tentang bahaya sinar laser. Disosialisasikan kepada masyarakat sekitar agar tidak melakukan kegiatan yang berpotensi mengganggu keamanan dan keselamatan penerbangan.sinar laser

Dengan larangan berada di area tertentu penerbangan dan kegiatan yang berpotensi membahayakan keamanan serta keselamatan penerbangan. Setiap perorangan dapat diganjar pidana maksimal tiga tahun dan denda maksimal Rp1 milar, menurut UU No. 1/2009 pasal 201 tentang penenerbangan sebagaimana diatur dalam Pasal 421 ayat 2.

Secretary AirNav Indonesia juga mengungkapkan bahwa dalam setiap kegiatan yang mengganggu penerbangan itu dilarang. Misal bermain laser, layang-layang, drone, balon udara, dan aktivitas lain yang mengganggu aktivitas penerbangan.

Ary Suryadharma juga menjelaskan saat pesawat hendak lepas landas atau mendarat sinar laser yang ditembakkan dapat menganggu proses tersebut.

Sinar laser sering mengganggu para pilot maskapai penerbangan nasional. Menurut laporan yang diterima AirNav Indonesia seperti itulah laporan dari beberapa Pilot. Di Denpasar, Jakarta, Batam, dan Yogyakarta, kejadian seperti itu sering terjadi.

AirNav Indonesia telah melaporkan terkait kejadian tersebut kepada otoritas bandara setempat dan otoritas bandara telah berkoordinasi dengan kepolisian.

Baca Juga : Kopilot Helikopter Jatuh Baru 2 Bulan Dinas Di Poso, Ibunda Kolonel Ontang Histeris!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here