Mau Pasang Bahel Gigi, Kamu Sebaiknya Tahu Berbagai Hal Berikut Ini Guys !

0
5470
Bahel Gigi
Copyrigth©Hipwee

Mau Pasang Bahel Gigi, Kamu Sebaiknya Tahu Berbagai Hal Berikut Ini Guys !

Indowarta.com – Hay Guys, sebelum tahu 10 hal penting ini, mending kalian jangan pasang behel gigi. Entah untuk alasan kesehatan maupun kecantikan, banyak orang yang ingin memasang baleh gigi. Namun sebelum kalian memutuskan untung pasang bahel gigi, kalian wajib tahu 10 hal berikut agar hasil perawatan sesuai dengan yang kalian inginkan, setelah itu perhatikan juga Perlukah Menggunakan Kawat Gigi?.

Salah-salah, bukan cantik dan sehat yang kalian dapat, malah gusi bengkak yang kalian terima. 10 hal yang perlu kalian tahu sebelum pasang bahel, apa aja sih, ini dia daftarnya:

  1. Mengenal Bahel

Bahel atau kawat gigi merupakan sebuah alat bantu yang digunakan oleh dokter untuk memperbaiki susunan gigi dengan cara memberikan tekanan pada gigi dalam periode waktu yang panjang.

Bahel terdiri dari beberapa bagian, yakni:

  • Bracket yang ditempel di gigi menggunakan lem khusus
  • Cincin ortodontik atau molar band dipasang pada gigi bagian belakang
  • Kawat lengkung yang dipasang pada Bracket
  • Karet elastis yang mengikat kawat lengkung ke bracket.

disini saja sudah menjadi pertimbangan lebih apakah perlu memakainya atau tidak dikarenakan banyaknya bahan keras yang harus masuk kedalam mulut kita yang akan mengganggu kenyamanan kita, jika hanya untuk kecantikan anda cukup lakukan pemutihan gigi saja dengan mengikuti cara memutihkan gigi menggunakan jeruk nipis dan garam berikut.

  1. Tujuan pasang Bahel Gigi

Pemasangan kawat gigi rupanya sangat membantu meningkatkan kesehatan gigi. Selain itu juga dapat merapikan susunan gigi, karena susunan gigi berpengaruh pada kejelasan berbicara seseorang. Selain untuk alasan kesehatan, alasan utama penggunaan kawat gigi agar penampilan lebih nyaman dan percaya diri.

  1. Umur yang Tepat untung Pasang Kawat Gigi

Pasang kawat gigi sebaiknya dilakukan saat gigi permanen sudah tumbuh, yakni pada usia 8-14 tahun. Orang dewasa juga bisa memasang kawat gigi, namun bedanya dengan usia yang masih muda adalah jangka waktu pemakaian, perlu diketahui juga bahwa gigi berlubang bisa pengaruhi perkembangan Anak jadi pertimbangkan hal ini dengan sangat matang.

  1. Macam-Macam Kawat Gigi
Mau Pasang Bahel Gigi, Kamu Sebaiknya Tahu Berbagai Hal Berikut Ini Guys !
Copyrigth©orangedentalhouse
  • Bahel lepasan

Tidak permanen, biasanya menggunakan bahan metal dan hanya digunakan dalam kasus-kasus ringan. Namun bahel yang dimaksud disini adalah bahel lepas pasang yang sesuai dengan rekomendasi dokter ya, bukan bahel lepas pasang yang dibeli di pasaran.

  • Bahel Permanen

Bahel yang tepasang secara permanen dan digunakan mulai kasus ringan hingga berat. Bahel ini dibuat dari berbagai macam, mulai metal, ceramic, sampai sapphire, untuk ibu hamil juga perlu mengetahui juga bahwa infeksi gigi berlubang pada Ibu hamil berisiko pecah ketuban, jadi jangan lakukan pemasangan saat hamil yah.

  • Bahel Metal

Bahel berbahan metal ini paling umum digunakan, dapat dikombinasikan dengan karet elastis berbagai warna sehingga terlihat menarik. Selain itu biayanya juga terjangkau dan bisa digunakan dalam berbagai macam kasus. Namun memerlukan kontrol rutin.

Mau Pasang Bahel Gigi, Kamu Sebaiknya Tahu Berbagai Hal Berikut Ini Guys !
Copyrigth©orangedentalhouse
  • Behel Transparan

Bahel ini menggunakan bahan ceramic atau sapphire yang transparan atau sewarna dengan gigi.

  • Behel Damon

Bahel ini lebih higenis karena tidak menggunakan karet elstis yang bisa jadi tempat bersarangnya plak. Tersedia dalam bahan metal dan ceramic yang transparan.

Ketahui Juga : Awas, Sakit Gigi Ternyata Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya Ini Lho !

  • Bahel Lingual

Pemasangan bahel ini tidak terlihat karena dipasang di belakang gigi. Karena tingkat kesulitan pemasangan tinggi, maka biayanya juga tinggi.

  • Aligner
  1. Tahapan Perawatan
Mau Pasang Bahel Gigi, Kamu Sebaiknya Tahu Berbagai Hal Berikut Ini Guys !
Copyrigth©Brilio
  • Pemeriksaan awal

Berkonsultasi dengan dokter gigi yang akan merawat dan mendiskusikan hasil treatment yang diinginkan dan rencana perawatannya.

  • Pemasangan Bahel Gigi

Setelah mempelajari kasus dan pasien sudah setuju rencana perawatan dan hasil yang diinginkan, maka dimulai pemasangan bahel gigi. Biasanya pemasangan memakan waktu 1 hingga 2 jam.

  • Kontrol Rutin

Selama masa perawatan kalian dianjurkan untuk control rutin ke dokter gigi yang merawat. Frekuensi kontrol berbeda tergantung jenis bahel yang digunakan. Kontrol dilakukan untuk pengecekan kondisi gigi, hal ini dikarenakan gigi berlubang dapat berujung ke kematian juga.

Baca Nih : Pakai Pemutih Gigi Ternyata Malah Membuat Gigi Kuning Lho, Simak Faktor Lainnya Disini !

  • Paska Perawatan

Setelah melakukan perawtan, dokter akan melepas bahel dan melakukan pembersihan menyeluruh.

  1. Bahel gigi yang cocok dengan Kondisi Gigi
  • Gigi Bercelah, menggunakan Bahel metal, transparan, damon metal, damon transparan.
  • Gigi Berjejal, menggunakan bahel sama dengan gigi bercelah.
  • Gigi Rahang Maju, menggunakan bahel metal dan damon metal.
  • Gigi Gingsul, menggunakan bahel sama dengan gigi rahang maju.

 

  1. Sakit Menggunakan Bahel Gigi

Masa awal menggunakan bahel adalah penyesuaian terhadap alat bantu. Pada masa penyesuaian itu, kalian akan sering mengalami nyeri, ngilu yang diakibatkan pergeseran gigi dan perubahan pada rahang, anda juga harus mengetahui jika gigi geraham Anda berlubang dan sakit, ini yang harus dilakukan.

  1. Resiko Menggunakan Bahel

Resiko penggunaan bahel sangat kecil jika dikerjakan oleh dokter gigi yang berkompeten. Kompetensi dokter sangat menentukan dari keberhasilan. Resiko jangka pendek yakni sariawan, sedangkan resiko jangka panjang yakni tidak kokoh karena memendeknya akar gigi karena pergeseran gigi.

Simak Yuk : Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang!

  1. Dokter Spesialis Ortodonti (Sp. Ort)

Karena pemasangan kawat gigi memiliki resiko jangka pendek maupun panjang maka pemasangan seharusnya dilakukan oleh dokter gigi yang memiliki kopetensi ortodonti.

  1. Harga Pasang Bahel

Harga pasang bahel gigi mulai dari 4 jutaan untuk bahel metal, 7 juta untuk transparan ceramic, dan 12 jutaan untuk bahel damon.harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca JugaBegini Lho Cara Mengatasi Gigi Ngilu Atau Sakit Secara Mudah dan Cepat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here